Indiskop Film Festival 2020 Perdana Digelar Secara Online

Indiskop Film Festival 2020 Perdana Digelar Secara Online

INILAH, Jakarta - Bioskop independen pertama Indonesia, Indiskop mengadakan festival film pertamanya bertajuk "Indiskop Film Festival" yang akan digelar secara daring (online) mulai 26 Juni hingga 31 Agustus.

Menurut penggagas Indiskop sekaligus aktris Marcella Zalianty, festival ini dapat menjadi pendorong kreator sekaligus pencinta film nasional untuk berpartisipasi membangun ekosistem perfilman Tanah Air.

"Dengan mengusung tema 'Indonesia Bangkit', ini sesuai dengan sikap gotong royong, dan juga inspiratif karena didistribusikan secara online. Semoga juga dapat menyebarkan optimisme di tengah situasi pandemi saat ini," kata Marcella melalui konferensi virtual, Rabu.

Lebih lanjut, kakak dari aktris Olivia Zalianty itu mengatakan, festival film daring ini nantinya akan diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari kelas film bersama sineas kenamaan Indonesia, hingga kompetisi film pendek.

Kelas film berbayar bertajuk "Indisclass" akan membahas dunia perfilman Indonesia seperti penulisan naskah, penyutradaraan, akting, hingga bisnis film. Sejumlah sineas yang berpartisipasi sebagai mentor antara lain Garin Nugroho, Ifa Isfansyah, Angga Sasongko, Reza Rahardian, dan Chelsea Islan.

Ada pula sesi dialog santai antara dua pembicara yang kompeten di bidangnya bertajuk "Indistalk", yang akan disiarkan gratis di Instagram dan YouTube Live Indiskop setiap Senin pukul 16.00 WIB.

Lalu, terdapat "Indisscreening" yang menyajikan 100% film Indonesia melalui kanal aplikasi INDISKOP, menghadirkan penayangan film yang terkurasi secara online melalui platform digital.

Dan terakhir, ada kompetensi film pendek yang mengusung tema "Dari Rumah untuk Indonesia", mengangkat kisah-kisah kreatif, menarik, dan inspiratif dengan durasi 5-20 menit.

Melalui kompetisi ini akan dipilih 3 pemenang , meliputi Film Terbaik, Pemain Terbaik, Film Pilihan Penonton. Film pendek tersebut akan dimuat dalam platform aplikasi Indiskop.

"Kami akan beri ruang penayangan bagi pemenang di aplikasi ini. Pasti akan dipublikasikan, lalu kami akan beri rekomendasi untuk bisa terlibat di industri perfilman Indonesia kita," kata Marcella.

"Targetnya ingin beri ruang bagi bakat-bakat baru dan regenerasi kreator film di Indonesia, dan memberikan ruang berekspresi bagi mereka dan belajar langsung dengan sineas-sineas Indonesia," pungkasnya.

Indiskop Film Festival 2020 turut didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, PARFI, Indikaf Foundation, serta Kadin Indonesia.