Proyek Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya Proses Lelang Prakualifikasi

Proyek Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya Proses Lelang Prakualifikasi
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono. (antara)

INILAH, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan proyek tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya atau Cigatas, di Jawa Barat saat ini dalam proses lelang prakualifikasi.

"Untuk proyek tol Cigatas sedang lelang prakualifikasi (PQ), jadi ini untuk yang wilayah Cilacap," ujar Menteri Basuki dalam Rapat Kerja Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Sementara untuk proyek tol Tegal-Cilacap sedang dalam proses prastudi kelayakan, ujar Basuki. "Untuk jalan tol progresnya secara keseluruhan proyek tol Bawen-Yogyakarta akan pemasukan penawaran pada tanggal 18 Agustus 2020 dan saat ini dalam proses lelang," katanya.

Kemudian tol Yogyakarta-Solo akan dimulai pengerjaannya pada akhir tahun ini, dan mudah-mudahan pada September 2020 akan dilakukan penandatanganan kontrak.

Sementara proyek tol Palembang-Jambi dan Jambi-Rengat dalam usulan penetapan lokasi atau penlok. Kemudian untuk proyek tol Probolinggo-Banyuwangi atau Probowangi target konstruksinya mulai akhir tahun ini.

"Sedangkan proyek tol Sukabumi-Cianjur-Padalarang sedang dalam proses desain dasar, dan akan dilelang pada tahun 2021 kemudian proses konstruksi dimulai pada 2022," kata Basuki.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa sembilan proyek tol lainnya telah disiapkan dan segera memasuki prakualifikasi lelang pada Juni-Juli 2020.

Selain proyek jalan tol, Kementerian PUPR juga berencana melakukan lelang proyek sistem transaksi tol nontunai berbasis multi-lane free flow (MLFF) di sektor jalan tol. Kementerian PUPR menyebutkan empat ruas tol siap beroperasi pada akhir Juni 2020 dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional. (antara)