Enam Bulan, Bea Cukai Bandung Gagalkan Enam Penyelundupan Narkotika Melalui Pos

Enam Bulan, Bea Cukai Bandung Gagalkan Enam Penyelundupan Narkotika Melalui Pos
net

INILAH, Bandung - Dalam rentang waktu 1 Januari hingga 18 Juni 2020, Bea Cukai Bandung berhasil mengagalkan enam upaya penyelundupan berbagai jenis narkotika. Kebanyakan para pelaku penyelundupan menggunakan jasa pengiriman melalui kantor pos.

Hal tersebut disampaikan, Kepala Kantor Bea Cukai Bandung Dwiyono Widodo dalam keterangan persnya, Rabu (24/6/2020).

"Selama periode 1 Januari sampai dengan 18 Juni 2020, Bea Cukai Bandung berhasil menggagalkan enam kali upaya penyelundupan narkotika melalui barang kiriman," ucap Widodo.

Widodo menyebutkan, barang bukti yang berhasil diamankan diantaranya termasuk narkotika golongan I sebagaimana diatur dalam Permenkes Nomor 5 Tahun 2020. Secara keseluruhan dengan jumlah total 1.962 gram methamphetamine, 514 gram EMB-FUBINACA, 150 gram 5F-EMB-PINACA, dan 22 gram 5F-MDMB-PICA telah berhasil dicegah.

"Upaya penyelundupan dilakukan dengan cara memberi tahu jenis barang impor palsu. Barang itu disembunyikan di dalam paket barang kiriman," ungkap Widodo.

Lebih lanjut, Widodo menambahkan, tidak dapat menyebut secara rinci identitas para pelaku sebab untuk kepentingan pengembangan penyidikan. Dengan adanya pengungkapan itu, dia mengklaim telah dapat menyelamatkan 18.725 generasi muda dari tindak penyalahgunaan narkotika.

"Selanjutnya terhadap barang bukti dan tersangka dilakukan penelitian lebih mendalam.Secara keseluruhan telah berhasil menyelamatkan kurang lebih 18.725 jiwa generasi muda dari bahaya narkotika," pungkasnya. (Ridwan Abdul Malik)