Pernyataan Ustaz Evie Effendi Terkait Nisfu Saban, MUI: Kami Masih Menelaah

Pernyataan Ustaz Evie Effendi Terkait Nisfu Saban, MUI: Kami Masih Menelaah
Islami.co

INILAH, Bandung - Ustaz Evie Effendi kembali membuat kontroversi atas ceramahnya dalam video yang sempat viral di media sosial. Dalam ceramahnya, ustaz yang dikenal banyak kalangan milenial itu memaparkan masalah khilafiyah (perbedaan), terkait hadist amalan nisfu saban tidak kuat sehingga dapat masuk kategori bidah.

Dalam video berdurasi tiga menit enam detik itu yang diunggah pada akun FB ceramah-ceramah Ustadz Evie Effendie pada 3 Mei 2020, Evie memaparkan bahwa hadis tentang nisfu saban adalah hadis cacat dan tidak berdasar.

"Nifsu saban ini rata-rata hadisna cacad, tidak nyambung ke nabi. Da urang ge bisa nyieun (saya juga bisa buat) hadis mah," ucap Evie dalam video tersebut.

Alhasil, sosial media Ustaz Evie pun menjadi bulan-bulanan netizen. Tidak sedikit netizen yang menyayangkan pernyataan Ustaz Evie terkait nifsu saban, bahkan ada netizen yang meminta ustaz Evie untuk memperdalam ilmu agama kembali.

"Bro, kalau mau jadi ustaz harus ngaji dulu bro. Bukan asal pinter pakai mic," ucap salah satu akun bernama khsni_hda di postingan instagram akun Ustaz Evie Effendi.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar mengatakan, pihaknya akan menelaaah terlebih dahulu video viral tersebut. Oleh karena itu, MUI meminta masyarakat dapat bersabar hingga terdapat hasil kajian terkait video tersebut.

"MUI lagi menelaah, nanti besok lah yah," ujar Rafani. (Ridwan Abdul Malik)