Robert Alberts ke Timnas Indonesia? Umuh Muchtar Rekomendasikan RD

Robert Alberts ke Timnas Indonesia? Umuh Muchtar Rekomendasikan RD
Pelatih Persib Bandung Robert Alberts. (Muhammad Ginanjar)

INILAH, Sumedang - Nama pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts tiba-tiba mencuat untuk menjadi pelatih tim nasional Indonesia. 

Pelatih asal Belanda itu direkomendasikan Presiden Madura United, Acshanul Qosasi lantaran dinilai cocok menggantikan Shin Tae-yong yang terancam dipecat PSSI dari kursi pelatih tim Merah Putih. 

Menanggapi hal itu, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar mengatakan tidak mudah untuk bisa mengangkat Robert Rene Alberts menjadi pelatih tim nasional Indonesia. Satu di antaranya karena masih terikat kontrak dengan Persib Bandung. 

"Harus diperhitungkan, manajemen juga harus berembuk dulu untuk ambil keputusan. Tidak akan bisa langsung meskipun itu untuk Merah Putih," ujar Umuh di kediamannya, Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Rabu (24/6/2020). 

Selain itu, kata Umuh, cukup disayangkan jika Persib harus melepas Robert Rene Alberts. Terlebih pelatih berusia 64 tahun itu tengah dalam situasi yang sedang bagus-bagusnya di Persib Bandung. 

Terbukti, di tiga pertandingan awal Liga 1 2020, Persib selalu meraih kemenangan hingga berada di posisi puncak klasemen sementara dengan 6 poin. 

"Tidak gampang mencoret pelatih. Sementara ini Robert juga sudah kelihatan klop dan bawa keberuntungan untuk Persib. Tiga pertandingan, kita menang dan kita di Liga 1 paling atas," bebernya. 

Umuh pun lantas merekomendasikan pelatih Madura United, Rahmad Darmawan yang pantas menangani timnas Indonesia. Terlebih pelatih yang akrab disapa RD itu memiliki pengalaman dalam menangani timnas Indonesia. 

"Sekarang masih ada Rahmad Darmawan, lebih berpengalaman dan lebih tahu Indonesia, untuk merah putih. Kalau bisa RD ya lebih bagus juga," tegasnya.

Meski demikian, Umuh menyerahkan sepenuhnya kepada PSSI mengenai pelatih timnas Indonesia. Menurutnya PSSI lebih memiliki berhak dalam menentukan pelatih. 

"Apapun juga keputusan ada di PSSI. Kalau dipaksakan harus Robert, ya harus dibicarakan dulu. Bobotoh juga semua sudah seneng dengan Robert. Jangan sampai Robert ada masalah dengan Persib," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)