BIN Gelar Rapid Test Massal di Kota Bandung

BIN Gelar Rapid Test Massal di Kota Bandung
istimewa

INILAH, Bandung - Badan Intelejen Negara (BIN) menggelar rapid test kepada 1.000 warga Kecamatan Bandung Kulon di Gedung Promosi, Jalan Cigondewah Kaler, Kota Bandung pada Kamis (25/6/2020). 

Hasil sementara, dikatakan Staf Khusus BIN Mayjen TNI Suyanto, satu orang dinyatakan reaktif setelah menjalani tes cepat yang dilaksanakan sejak pagi hari tersebut, dan langsung ditindaklanjuti dengan menjalani swab test. 

"Dari hasil pemeriksaan sementara kepada 92 orang, satu orang dinyatakan reaktif, dan kita akan langsung melakukan swab test untuk memastikannya lebih lanjut," kata Suyanto. 

Dijelaskan dia, apabila hasil tersebut menyatakan positif Covid-19. Warga bersangkutan akan diserahkan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung untuk mendapat penanganan dan melakukan isolasi. 

"Kita juga membawa dua unit mobil Bio safety Level 2 (BSL2). Rapid test ini kita lakukan secara rutin ke sejumlah daerah di Indonesia. Untuk Kota Bandung, kita akan gelar selama tiga hari ke depan sampai tanggal 27 Juni," ucapnya. 

Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan, bahwa angka kasus Covid-19 di Kota Bandung terbilang landai. Dia pastikan, pemerintah kota belum menemukan kasus baru terkait kematian akibat virus corona. 

"Pasien tempat-tempat isolasi sudah mulai pulang. Artinya, mereka alhamdulillah sudah sehat. Dan kita berharap dengan adanya rapid test masif, swab test masif ini, angka kenaikan kasus Covid-19 tidak ikut melonjak," kata Oded. (Yogo Triastopo)