Umuh Muchtar Masih Berharap Liga 1 2020 Bisa Disaksikan Penonton*

Umuh Muchtar Masih Berharap Liga 1 2020 Bisa Disaksikan Penonton*

INILAH, Sumedang - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar masih memiliki harapan lanjutan Liga 1 2020 yang rencananya akan digelar September atau Oktober, bisa disaksikan penonton. 

Pasalnya kata Umuh, saat ini seluruh klub di Indonesia masih tergantung pada penjualan tiket penonton. Termasuk juga dialami Persib Bandung. 

"Kalau tanpa penonton itu dipertimbangkan dan diperhitungkan. Klub-klub lain juga pasti mempertanyakan, bagaimana kalau tanpa penonton. Karena banyak klub yang juga mengharapkan hasil dari tiket. Karena hasil tiket sangat membantu. Persib mengharapkan seperti itu," kata Umuh di kediamannya, Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. 

Namun demikian, Umuh tak bisa memaksakan keinginannya. Terlebih saat ini pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia belum benar-benar berakhir. 

"Kalau PSSI harus tanpa penonton, ya apa boleh buat, tanpa penonton dulu. Tapi mudah-mudahan lah, September atau Oktober susah aman, dan bisa ada penonton," harapnya. 

Bisa saja, kata Umuh, penonton itu diberikan jarak untuk menghindari kontak fisik. Sehingga penularan Covid-19 bisa diminimalisir. 

"Silang saja kursinya, satu atau tiga kursi dikosongkan. Kalau ada yang tidak beli tiket bisa ketahuan dan lebih kelihatan karena gak punya kursi. Polisi dan keamanan harus berani mengeluarkan mereka karena dia juga akan malu," tegas Umuh. 

Bisa juga, lanjutnya dengan menerapkan sistem bergilir. "Jadi kan beli tiketnya online. Yang pernah nonton, ditolak. Sementara yang belum, bisa mendapatkan tiket. Itu kan tidak susah," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)