Seperti Ini Program Pemkab Purwakarta dalam RPJMD

Seperti Ini Program Pemkab Purwakarta dalam RPJMD
Foto: Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta – Lebih dari satu dasawarsa ini, Kabupaten Purwakarta memiliki slogan Istimewa. Di kepemimpinan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, slogan Purwakarta Istimewa masih tetap dipakai. Justru, ang nomor satu itu telah mengonsep bagaimana membuat wilayah ini semakin istimewa dengan kebijakan-kebijakan barunya.

Merujuk pada data yang ada di Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) setempat, pemkab menyiapkan berbagai program unggulan untuk lebih mengistimewakan masyarakat melalui berbagai kebijakan dan pelayanan publik di segala sektor.

“Program-program ini sudah tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2018-2023, “ujar Kepala Bappelitbangda Kabupaten Purwakarta Aep Durohman kepada INILAH di ruang kerjanya, Kamis (25/6/2020).

Adapun program-program tersebut, lanjut Aep, di antaranya tak lain bagaimana meningkatan kualitas pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial. Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan professional. Mewujudkan pembangunan infrastruktur yang andal dan pengembangan pariwisata berwawan lingkungan yang berkelanjutan. Serta, mewujudkan perekonomian rakyat yang kokoh berbasis desa.

Aep pun tak memungkiri, program kerja yang telah ataupun sedang berjalan itu akan terjadi hambatan di tahun ini. Ya, karena adanya pandemic covid-19 yang tengah berlangsung sejak akhir Maret lalu. Sehingga, banyak program kerja bupati 2020 ini belum terealisasi atau tertunda akibat adanya peralihan anggaran.

“Saat ini, kami sedang menginventarisasi dan menyusun rencana kerja yang sebelumnya terkendala akibat terdampak pandemik ini. Sehingga, nanti pada saatnya akan ada penyesuaian lagi. Karena, saat wabah covid-19 ini anggarannya teralihkan ke penanganan,” jelas dia.

Menurut Aep, kendati belum bisa dipastikan, pihaknya berharap penanganan covid-19 ini bisa beres pada Juli mendatang. Sehingga, program priortias bupati di tahun 2020 yang telah tercatat di RPJMD itu bisa kembali berjalan.

Adapun untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021, pihaknya akan mengusulkan normal sesuai yang telah tertuang dalam RPJMD. Contohnya, untuk tema pembangunan 2021 itu Purwakarta fokus ke pengembangan perekonomian yang berbasis unggulan daerah. Termasuk, peningkatan infrastruktur andal.

“Tema ini, muncul di Musrenbang kemarin,” kata dia.

Ihwal program yang belum diakomodir di 2020 karena adanya wabah covid, dia memastikan akan kembali didorong pembahasan APBD Perubahan 2020 ini. Dia berharap, sebagian kegiatan yang terencana itu bisa direalisasikan. Kalau pun tidak, pihaknya memastikan di 2021 nanti kegiatan yang terpending sebelumnya secara otomatis jadi prioritas.

“Tetapi tetap, harus perencanaan lagi, harus ada pengusulan, dan lain-lain. Artinya, tidak serta merta. Tapi, tetap secara normatif tahapan dan prosesnya harus dijalankan dulu. Acuan tetap RPJMD,“ pungkasnya. (Asep Mulyana)