6 Oknum Petugas Disdukcapil Kab Cirebon Diciduk Saber Pungli Jabar

6 Oknum Petugas Disdukcapil Kab Cirebon Diciduk Saber Pungli Jabar

INILAH, Bandung - Sebanyak enam orang oknum petugas Disdukcapil Kabupaten Cirebon diringkus tim Saber Pungli Jawa Barat. Mereka kedapatan melakukan pungli dalam proses pembuatan E-KTP di Kabupaten Cirebon.

Hal itu dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (25/6/2020).

"Benar telah dilakukan ott, disdukcapil kab cirebon dari kegiatan ott diamankan 6 orang 3 asn dan 3 honorer," ucap Erlangga.

Erlangga mengatakan, keenamnya diringkus Tim Saber Pungli Jawa Barat dibantu Polresta Cirebon untuk melakukan penggeledahan. Alhasil, keenamnya diduga melakukan pungutan liar sebanyak Rp. 75.000 untuk setiap satu pembuatan E-KTP.

"Hasil OTT ada BB modus dilakukan pungli drngan bayar diluar ketentuan. Harusnya gratis tuh, ektp. Tanpamelalui online bayar 75 ribu. Terkumpul uang saat itu, jual formulir blanhko formulirnya," ungkap Erlangga.

Erlangga menambahkan, hingga saat ini keenamnya masih diperiksa intensif di Mapolda Jabar. Meski begitu, Dia menyebutkan, belum ada yang ditetapkan menjadi tersangka atas kasus tersebut.

"Belum, masih dlm proses pemeriksaan pendalaman dan akan digelar perkara dan tentukan langkahnya nanti," pungkas Erlangga. (Ridwan Abdul Malik)