DPRD Jabar Kembali Ingatkan Semua Pihak Jangan Curangi PPDB

DPRD Jabar Kembali Ingatkan Semua Pihak Jangan Curangi PPDB
net

INILAH, Bandung – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 baru saja tuntas pekan lalu. Sejauh ini sudah banyak temuan dan laporan yang mengindikasikan kecurangan, dalam pelaksanaannya.

Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Dadang Kurniawan kembali mengingatkan kepada semua pihak, agar jangan coba-coba mencurangi hasil PPDB. Dia mengatakan, sanksi hukum sudah siap menanti bagi para oknum yang berani melanggar aturan yang sudah ditetapkan.

Sejauh ini kata Dadang, sudah ada oknum yang telah diproses secara hukum akibat berbuat curang. Dia berharap, agar semua pihak tidak melakukan hal serupa agar pelaksanaan PPDB dapat berjalan baik dan lancar sesuai aturan. Sehingga tidak ada siswa yang menjadi korban akibat dari kecurangan.

“Sejauh ini sudah banyak laporan ke tim Saber Pungli. Contoh kasus di Banjar, pelaku sekarang sudah diproses hukum. Itu di SMP kalau tidak salah. Kemudian di Tasikmalaya juga ada. Ada sekolah unggulan bila siswanya masuk, harus memberikan motor N-Max. Itu semua akan kita tindak secara hukum. Kami akan terus memantau dan mengingatkan kepada semua pihak, siapapun agar jangan berbuat curang. Biarkan PPDB ini berjalan sebagaimana mestinya,” beber Dadang kepada INILAH, Kamis (26/6/2020).

Dia mengaku, pihaknya bersama tim Saber Pungli akan terus melakukan sosialiasi sebagai bentuk pencegahan agar tidak terjadi kecurangan. Sehingga oknum yang tengah mencari celah untuk mengkhianati hasil PPDB, dapat berpikir ulang untuk melanjutkan niatnya.

“Kita akan bersosialisasi terus. Demikian juga Saber Pungli, sebagai bentuk tindakan kita untuk mencegah terjadinya kecurangan. Jika masih ada juga, ya siap-siap saja berhadapan dengan hukum. Proses hukum yang akan bertindak, kalau masih ada yang berani coba-coba curang,” ucapnya. (Yuliantono)