Garut Anti Komunis Tolak RUU HIP

Garut Anti Komunis Tolak RUU HIP
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut- Ribuan massa warga Garut dari berbagai elemen bergabung dalam Garut Anti Komunis menyambangi gedung DPRD Garut Jalan Patriot menyuarakan penolakan mereka terhadap Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP), Kamis (25/6/2020).

Dicurigai kedalamannya memunyai tujuan mengubah Pancasila menjadi Trisila, Ekasila (Gotong Royong), massa bukan hanya menolak RUU HP melainkan juga menolak penggantian nama RUU HIP tersebut yang bertujuan sama dengan RUU HP.

Massa juga mendesak aparat penegak hukum memroses secara hukum fraksi-fraksi pengusung RUU HIP karena diduga kuat melakukan tindak pidana makar terhadap ideologi negara (Pancasila).

Pembersihan simbol dan paham komunisme, marxisme, dan leninisme dari bumi NKRI, serta pemutusan hubungan diplomatik RI dengan RRC juga menjadi tuntutan disuarakan massa.

"DPR RI dan Pemerintah terkesan saling lempar. Kata DPR RI terkait RUU ini ada di tangan Presiden. Kami dengan tegas meminta DPR RI dan Pemerintah untuk mencabut RUU ini atau dihentikan !" kata Inisiator Presidium Garut Anti Komunis Dedi Kurniawan di sela aksi demonstrasi.

Dia berharap apa yang disuarakan massa di Garut itu disampaikan DPRD Garut ke Pemerintah Pusat dan DPR RI. 

"Segera hentikan (pembahasan RUU HIP), dan cabut RUU HIP ini ! Jangan sampai ada istilah menunda !" tegas Ketua DPC Parmusi Garut itu.

Dia menilai mengganti Pancasila dengan Trisila, Eka Sila perbuatan makar, dan melanggar Undang Undang Nomor 27 Tahun 1999 tentang Kedaulatan Negara.

Menyikapi aspirasi massa, Wakil Ketua DPRD Garut dari Fraksi Gerindra Enan menyatakan kesiapan DPRD Garut menyampaikan aspirasi massa ke DPR RI. 

Hadir menyertai Enan, legislator Fraksi Golkar Deden Sopyan; legislator Fraksi Gerindra Luku Gandi Nan Rajati, Ade Rijal dan Dedi Suryadi; serta legislator Fraksi PPP Ayi Suryana; serta legislator Fraksi Demokrat Cucu Suhendar, dan Riki M Sidik.

Tak ada aksi anarkhi selama aksi unjuk rasa berlangsung. 

(zainulmukhtar)