'Do(s)a & Sembilan' Seri Kolaborasi Indonesia-Malaysia Ada di GoPlay

'Do(s)a & Sembilan' Seri Kolaborasi Indonesia-Malaysia Ada di GoPlay
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Jakarta- Dua serial Astro Original yaitu serial laga "Do[s]a" dan serial horror-thriller "Sembilan" akan menjadi bagian dari Festival Film & Serial Online di GoPlay kepada penggemar di Indonesia.

Dikutip dari keterangan resmi yang diterima ANTARA, Jumat, ini merupakan kolaborasi antara GoPlay dan perusahaan konsumen dan konten terkemuka Malaysia, Astro.

"Kami sangat bersemangat dapat menghadirkan 'Do[s]a' dan 'Sembilan' dari Astro yang secara luar biasa menyajikan kolaborasi bakat-bakat dari Malaysia dan Indonesia," kata VP Marketing GoPlay Sasha Sunu.

Ada banyak sineas lokal yang terlibat dalam produksi dua serial tersebut. "Menunjukkan bahwa industri film Indonesia sudah memiliki kualitas internasional serta mumpuni dalam kemampuan pembuatan film," lanjutnya.

"Do[s]a" dan "Sembilan", bersama dengan "Turah", "Laut Bercermin", "Jakarta Undercover", hingga "Help is on the Way", akan meramaikan katalog Festival Film & Serial Online di GoPlay yang akan berlangsung hingga 30 Juni 2020.

Selain menjadi bagian dari Festival Film & Serial Online di GoPlay, "Do[s]a" dan "Sembilan" secara eksklusif akan tersedia hingga 22 Juli 2020, khusus bagi para pengguna GoPlay di Indonesia.

Kedua serial ini telah menyatukan para talenta perfilman berbakat Indonesia, Malaysia, dan Singapura, melalui kolaborasi akting dan produksi film untuk menghasilkan konten berkualitas internasional yang akan sangat memikat penonton.

“Kami telah membuat konten yang melampaui batas geografis. Kolaborasi dengan GoPlay memberikan kami kesempatan untuk mempersembahkan serial 'Do[s]a' kepada pemirsa Indonesia, sekaligus pemutaran perdana serial original kami yang lebih baru, yaitu 'Sembilan'," ujar Vice President, Head of Astro Shaw and Nusantara Astro Raja Jastina Raja Arshad.

"Do[s]a" bercerita tentang masa lalu yang kembali menghantui Latif (Datuk M. Nasir), seorang guru silat yang bermukim di Kuala Lumpur bersama keempat anaknya. Setelah penculikan putrinya, ketiga putranya berkemas dan pergi ke Jakarta, Indonesia untuk membawa adik perempuan mereka kembali.

Serial dengan delapan episode ini disutradarai oleh Ifa Isfansyah dan menampilkan Datuk M Nasir, Roy Marten, Ashraf Sinclair, Reuben Elishama, Remy Ishak, dan Hisham Hamid.

Pada tahun 2019, "Do[s]a" telah mendapat nominasi kategori Drama Asia terbaik dari Asia Contents Award dan telah memenangkan tiga penghargaan di Asian Academy Creative Awards.

Sementara "Sembilan" disutradarai oleh Razaisyam Rashid, bercerita tentang seorang pelacur bernama Rimbun (Atiqah Hasiholan) yang melahirkan bayi laki-laki bernama Taduh. Suatu hari, Taduh (Bima Azriel) tiba-tiba menghilang tanpa jejak. Setelah sembilan tahun menghilang secara misterius, semua orang dikejutkan oleh kemunculan kembali si bocah.

Para pemain Indonesia dalam serial 10 episode ini termasuk Atiqah Hasiholan, Bima Azriel, Endhita Wibisono, dan Roy Marten, bersama dengan aktor Malaysia Beto Kusyairy, Luqman Hafids, dan Sara Ali.

Kedua serial ini melibatkan penulis naskah Indonesia, Salman Aristo, yang dikenal melalui karyanya di "Ayat-Ayat Cinta" (2008), "Laskar Pelangi" (2008), hingga "Saiyo Sakato" (2020).