HANI 2020, Jadi Momentum Perkuat Ketahanan Keluarga

HANI 2020, Jadi Momentum Perkuat Ketahanan Keluarga
Wali Kota Bandung Oded M Danial bersama Kepala BNN Kota Bandung, AKBP Deni Yus Danial. (yogo triastopo)

INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial mengajak seluruh masyarakat memperkuat ketahanan keluarga, di momentum hari anti narkotika internasional (HANI) 2020. Sebab kata dia, benteng pertahanan terkuat melawan bahaya narkotika adalah keluarga.

“Benteng pertama dan utama adalah ketahanan keluarga. Sekalipun Kepala BNN pusat maupun BNN Kota Bandung punya program yang banyak dan luar biasa, kalau pertahanan pertama di keluarganya jebol, pasti jebol. Oleh karena itu pertahanan pertama dan utama adalah di keluarga kita masing-masing,” kata Oded di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Jumat (26/6/2020).

Dia mengaku selalu mengingatkan agar setiap keluarga memiliki perhatian khusus pada tumbuh kembang anak. Menurut ayah dari tujuh orang anak itu, kasih sayang yang cukup dari orang tua dan keluarga terdekat, merupakan hal yang terpenting dalam mengelola keluarga.

“Hanya di lingkungan keluarga, dia akan tahan dari perilaku penyalahgunaan narkotika. Kalau harmonis, rukun, dan bisa memberikan teladan-teladan yang positif, maka insyaf Allah anak kita juga akan tahan dari bahaya narkotika,” ucapnya.

Kepala BNN Kota Bandung, AKBP Deni Yus Danial mengatakan, saat ini angka pengguna narkotika di wilayah Jawa Barat, termasuk Kota Bandung cukup memprihatinkan. Angka prevalensi Provinsi Jabar menjadi yang tertinggi di Indonesia.

"Di Jawa Barat ini, angka prevalensinya 0,6 persen atau sekitar 95.529 jiwa pengguna usia 15-62 tahun, dan 20 persennya itu, pengguna jarum suntik,” kata Deni.

Tak heran, menurut dia, BNN terus gencar menekan permintaan dan peredaran narkotika untuk menyelamatkan anak bangsa. BNN ingin menyelamatkan generasi emas yang akan menyongsong bonus demografi 2030 mendatang.

“Pada peringatan HANI tahun ini kita mengangkat tema hidup 100 persen di era normal baru, sadar, sehat, produktif dan bahagia tanpa narkoba,” ucapnya.

Dalam peringatan HANI 2020, BNN Kota Bandung memberikan penghargaan kepada wali kota Bandung atas komitmennya dalam upaya P4GN. Penghargaan juga diserahkan kepada Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bandung, Dadang Gantina serta Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kota Bandung Y Ahmad Brillyana sebagai pegiat anti-narkoba.

Penghargaan lainnya diberikan kepada Lurah Kacapiring, Lurah Kujangsari, Lurah Cimincrang, Lurah Babakan, dan gabungan artis seniman Sunda sebagai pegiat anti-narkoba. (yogo triastopo)