Hari Terakhir, BIN Gelar Rapid Test di Balai Kota Bandung

Hari Terakhir, BIN Gelar Rapid Test di Balai Kota Bandung
istimewa

INILAH, Bandung - Memasuki hari ketiga, Badan Intelegen Negara (BIN) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar rapid test di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Sabtu (27/6/2020). 

 

Sebelumnya, tes serupa telah digelar di area Kantor Provinsi Jawa Barat, dan Gedung Promosi Cijerah. Dalam periode itu, sebanyak 1.145 orang sudah menjalani tes dan 30 orang diantaranya diketahui reaktif. 

 

"Setelah swab kepada 31 orang, hasilnya positif PCR ada lima orang dan sudah ditangani. Dan siang ini di hari ketiga, tepatnya sampai pukul 12 tadi, dari 718 orang, hasilnya ada tujuh reaktif," kata Koordinator Lapangan Mobile Lab, Kol Inf Budi Santoso. 

 

Di lain sisi, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengapresiasi langkah BIN dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tes massal, menjadi kunci memetakan penyebaran virus. 

 

"Tes masif merupakan salah satu kunci dalam memetakan penyebaran Covid-19. Dengan langkah ini, penyebaran virus bisa lebih di minimalisir, dan dapat segera kita lakukan tracing apabila ada temuan yang positif Covid-19," kata Yana. 

 

Dia pun berharap, Kota Bandung mampu mengendalikan wabah tersebut dengan lebih baik. Malah ditambahkan dia, kegiatan tes massal ini dinilai telah berhasil dalam menekan lonjakan angka penyebaran virus. (Yogo Triastopo)