CFD Belum Diizinkan di Kota Bandung

CFD Belum Diizinkan di Kota Bandung
istimewa

INILAH, Bandung - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, kegiatan car free day (CFD) di Kota Bandung belum diizinkan pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB). 

Salah satu alasan belum diizinkannya CFD di Kota Bandung, dijelaskan dia, karena kawasan Dago merupakan lokasi favorit yang biasa dipergunakan warga masyarakat untuk berbagai kegiatan. 

“Tanpa CFD saja, Dago, kerumunannya sudah luar biasa. Sepeda, orang berolah raga masih euforia seolah-olah ini sudah normal,” kata Yana, di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Sabtu (27/6/2020). 

Sebab itu dituturkan dia, kegiatan hari bebas kendaraan bermotor di Kota Bandung belum diizinkan untuk diselenggarakan karena dikhawatirkan akan menjadi kerumunan orang di tengah pandemi. 

“Makannya kita tutup sejumlah ruas jalan. Ini memberikan pesan, meski Kota Bandung sudah mulai menerapkan AKB, tetapi masih pendemi. Terpenting jaga standar protokol kesehatan,” ucapnya. 

Di luar kegiatan CFD, Yana menambahkan tidak menjadi persoalan. Sarana olahraga outdoor diperbolehkan untuk dipergunakan. Namun begitu, belum untuk kegiatan bersifat kompetisi dan perlombaan. 

"Tetapi kita akan meminta untuk melakukan simulasi protokol kesehatannya terlebih dahulu," ujar dia. (Yogo Triastopo)