Saran Roberts Alberts ke Timnas: Perbanyak TC dan Hadapi Timnas Lain!

Saran Roberts Alberts ke Timnas: Perbanyak TC dan Hadapi Timnas Lain!
Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts. (aNTARAFOTO)

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Albets memberikan saran kepada tim nasional Indonesia agar memiliki persiapan matang sebelum menghadapi Piala Dunia U-20 2021 mendatang. 

Menurutnya, untuk mematangkan kualitas pemain bukan menerapkan regulasi pemain U-20 di Liga 1 2020. Sebaliknya dilakukan dengan memperbanyak pemusatan latihan. 

"Kami tahu Piala Dunia akan dimainkan pada Mei-Juni tahun depan di Indonesia dan menjadi keuntungan bagi pemain untuk melakukan pemusatan latihan sebanyak mungkin. Memainkan laga menghadapi lawan tim nasional lainnya," kata Robert saat dihubungi. 

Pelatih asal Belanda ini mengaku pernah melakukannya saat ditunjuk sebagai Direktur Teknik tim nasional Malaysia beberapa tahun silam. Kala itu, dia membawa timnya ke luar negeri untuk mengukur kekuatan tim.

"Tapi kami juga tidak pernah bertanding melawan klub, kami bertanding melawan timnas lainnya sehingga bisa membandingkan standar tim yang kami butuhkan," bebernya.

Robert juga mengaku pernah menjadi pelatih tim nasional junior Korea Selatan. Tak hanya itu, dia juga sempat ditunjuk sebagai pelatih timnas Malaysia U-19 untuk kejuaraan dunia. 

"Jadi saya tahu, memaksakan pemain untuk bermain di liga bukan solusi yang bagus dan malah menghentikan perkembangan pemain karena mereka malah bisa hilang kepercayaan diri. Jadi saya rasa banyaknya pemusatan latihan dengan banyak memainkan uji coba internasional lebih direkomendasikan menurut opini saya," tegas Robert.(Muhammad Ginanjar)