Nihil Kasus Covid-19, Rapid Test Di Cianjur Dapat Rekor Muri

Nihil Kasus Covid-19, Rapid Test Di Cianjur Dapat Rekor Muri
net

INILAH, Bandung - Polres Cianjur menggelar rapid test yang melibatkan 2.000 peserta. Saking istimewanya, gelaran tes cepat Covid-19 itu memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) karena hasilnya nihil kasus Covid-19.

Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto mengatakan, pihaknya melakukan skrining rapid test massal untuk 2.000 orang dan memberikan hasil tidak ada peserta yang reaktif Covid-19.

”Rapid test ini berhasil memecahkan rekor Muri sebagai rapid test massal terbanyak di tingkat Polres,” katanya, Minggu (28/6/2020).

Dia menjelaskan, guna melakukan rapid test itu pihaknya menggunakan produk dalam negeri dengan merek Cakra Covid-19 IgG/IgM yang didistribusikan PT Indo Cakra Abadi dengan sensitivitas hingga 95,9 persen untuk sensivitas IgG dan 91,8 persen untuk sensitivitas IgM, sehingga hasilnya lebih akurat.

Secara rinci, dia menyebutkan para peserta itu terdiri dari personel Polri sebanyak 956 orang, ASN 33 orang, Bhayangkari 553 orang, PHL 178 orang, putra dan putri anggota 80 orang, Yon Brimob B Cipanas 100 orang, dan TNI 100 orang.

“Dengan hasil rapid test ini, maka dapat dikatakan dalam satu bulan terakhir ini tidak ada penambahan kasus baru yang ditemukan di Cianjur,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi mengatakan dengan makin banyaknya kegiatan rapid test dilaksanakan makin diketahui peta penyebaran Covid-19, sehingga bisa lebih cepat untuk dicegah penyebarannya.

Apalagi, selama satu bulan terakhir tidak ada penambahan kasus baru Covid-19 di Cianjur. Begitu pula dengan Jabar yang reproduksi penyebaran Covid-19 tak pernah lebih dari 1, padahal jumlah penduduk Jabar merupakan yang terbanyak.

“Kami harap kita semua bisa secara bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan kegiatan yang dilaksanakan di Polres Cianjur bisa diikuti oleh Polres lainnya,” sebutnya. (Antara)