Jalur Pendakian Gunung Rinjani Dibuka 7 Juli

Jalur Pendakian Gunung Rinjani Dibuka 7 Juli
net

INILAH, Bandung - Kabar baik bagi para pecinta alam. Sebab, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat rencananya akan membuka kembali jalur pendakian Gunung Rinjani mulai 7 Juli 2020.​​​​​​

Meski demikian, pemerintahan setempat tetap menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 di salah satu jalur pendakian favorit para pecinta alam itu.

"Rinjani ini risikonya rendah, tetapi tetap hati-hati, protokol COVID-19 ini harus selalu diterapkan," kata Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Sitti Rohmi Djalilah dikutip Antara, Minggu (18/6/2020).

Untuk itu, dia menegaskan perlu ada pembahasan mengenai perizinan pendakian Gunung Rinjani. Selain satu pintu, pihaknya pun akan membangun jalur khusus pengendara kuda dan sepeda untuk memudahkan pembawa barang.

Di samping itu, dia menekankan pentingnya pengelolaan sampah di pintu-pintu masuk Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).

"Kuncinya di pintu masuk. Ini harus betul-betul kita perhatikan. Rinjani ini tumpuan hidup kita dan sumber air kita. Jadi antara pariwisata dan kelestarian ini harus betul betul kita jaga," sebutnya. (Antara)