Bikin Heboh, Rhoma Irama Manggung di Acara Sunatan

Bikin Heboh,  Rhoma Irama Manggung di Acara Sunatan
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Pamijahan – Sempat membatalkan, Rhoma Irama akhirnya tampil juga di Pamijahan. Bukan konser, penampilan biasa. Tapi, cukup untuk memicu keramaian.

Anggota Divisi Pengamanan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Ruslan, mengaku tak mengetahui pertunjukan itu. Padahal, Rhoma sebelumnya menyatakan membatalkan atau menundanya.

“Wah, saya nggak tahu, kenapa bisa terjadi. Padahal, beliau sudah menyatakan batal atau menunda konser di hajatan sunatan di Desa Cobunian, Pamijahan,” kata Ruslan, Minggu (28/6).

Setelah dikirimi surat dari Bupati Bogor perihal harapan penundaan konser Rhoma Irama maupun Soneta Grup, tokoh Pamijahan Suryaatmaja sudah menerima atau legowo. Ruslan pun tidak mengawasi ke lapangan.

Kabar tampilnya Rhoma Irama dalam pertunjukan tersebut mencuat setelah beredar foto dan video. Terlihat Raja Dangdut itu tampil di atas panggung dan dihadiri banyak masyarakat yang diduga terjadi di Pamijahan.

Kepada wartawan, Kapolsek Cibungbulan, Komisaris Ade Yusuf, membenarkan foto dan video yang beredar itu terjadi di Pamijahan. Dia mengatakan acara itu sekarang sudah diperbolehkan.

Ade menyebutkan event diperbolehkan kembali setelah Kapolri mencabut maklumat terkait kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona. Sebagai gantinya, melalui telegram STR/364/VI/OPS.2/2020, Kapolri mengeluarkan makumat terkait adaptasi kebijakan kenormalan baru.

“Mereka berpatokan ke situ. Mereka bukan konser, tapi undangan. Haji Rhoma nyumbang lagu, tidak bisa melarang mereka ke undangan,” ujarnya.

Hanya saja, dalam pertunjukan yang tersebar melalui video dan foto itu, terlihat juga protokol kesehatan terabaikan. Tak sedikit penonton yang berkerumun dan tak menggunakan masker.

Sementara itu, Ruslan akan melihat dulu permasalahannya sebelum melihat apakah akan ada sanksi atau tidak. “Kami lihat dulu. Kami pelajari dulu permasalahannya. Tim juga akan berdiskusi dengan pihak kepolisian sebelum memberikan sanksi,” tambahnya.

Sebelumnya, setelah ramai diberitakan Pemkab Bogor menolak izin konser atau manggung Rhoma Irama dan Soneta Grup, sang Raja Dangdut dalam video conference menyatakan menunda konsernya.

“Rencana manggung saya bersama Soneta Grup itu dua bulan lalu dengan asumsi pandemi sudah berakhir pada Minggu (28/6), suasana kondusif, dan kami bisa menghadiri undangan Pak Suryaatmaja dan Ibu Khodijah. Namun karena pandemi masih berlangsung dan ada larangan atau penolakan izin keramaian, kami dan tuan rumah menunda atau menjadwalkan kembali manggung di desa tersebut,” kata Rhoma Irama, Kamis (25/6). (reza zurifwan/ing)