Satu PDP Covid-19 Masuk RSU Garut 

Satu PDP Covid-19 Masuk RSU Garut 
Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut Yeni Yunita. (Zainulmukhtar)

INILAH, Garut- Sempat lima hari tak ada penambahan kasus pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Kabupaten Garut menyusul sembuh dan pulangnya para pasien dari rumah sakit, pada Minggu (28/6/2020), kasus PDP bertambah dengan ditemukannya seorang PDP asal Kecamatan Pasirwangi.

"Pasien saat ini sedang menjalani proses perawatan di ruang isolasi Covid-19 RSU dr Slamet Garut," kata Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut Yeni Yunita.

Dengan begitu, hingga kini, total kasus PDP di Garut hingga 28 Juni 2020 pukul 18.30 WIB menjadi sebanyak 77 kasus. Selain satu orang di antaranya dalam perawatan, 76 orang lainnya dinyatakan selesai pengawasan dengan 16 orang di antaranya meninggal dunia.

Yeni menyebutkan, selain penambahan satu kasus PDP, pada hari sama, terdapat juga penambahan satu kasus ODP. Sehingga total kasus ODP di Garut bertambah menjadi sebanyak 2.716 kasus. Sebanyak 235 kasus masih pemantauan, tiga dalam perawatan, dan 2.478 selesai pemantauan dengan 14 orang di antaranya meninggal dunia.

Total kasus positif tetap sebanyak 26 kasus. Satu orang di antaranya masih dalam perawatan, 22 orang lainnya dinyatakan sembuh, dan tiga orang meninggal dunia.

Sedangkan kasus OTG mencapai total 1.904 kasus. Sebanyak 1.164 orang di antaranya masih dalam tahap observasi dan 740 orang lainnya selesai masa observasi.

"Jadi, total kasus Covid-19 di Garut sampai saat ini mencapai 4.723 kasus, terdiri dari kasus OTG, ODP, PDP, dan konfirmasi positif," kata Yeni.

Dia pun meminta masyarakat tetap waspada dan tetap konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan melalui social distance/physical distance, pakai masker dan rajin cuci tangan sebagai upaya melindungi diri sendiri, keluarga, orang-orang tercinta, dan yang lainnya dari terpapar covid-19. Hal itu karena masalah Covid-19 masih merupakan ancaman bagi kehidupan masyarakat saat ini.(zainulmukhtar)