Pemkab Garut Siap Bangun Potensi Wisata Air di Pelosok

Pemkab Garut Siap Bangun Potensi Wisata Air di Pelosok
Antara Foto

INILAH, Garut- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, siap membangun potensi wisata air seperti danau dan air terjun di daerah pelosok Kecamatan Cihurip agar semakin dikenal publik dan memudahkan pengunjung untuk berwisata ke daerah itu.

"Kabupaten Garut selain memiliki potensi wisata bahari yang sangat indah, Garut pun mempunyai wisata air yang tak kalah indah dari kabupaten lainnya," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman kepada wartawan di Garut, Minggu (28/6/2020).

Ia menuturkan, salah satu potensi wisata air yang memiliki daya tarik tersendiri yakni wisata danau Situ Cihideung dengan kondisi air jernih dan pemandangannya masih asri.

Selain itu, lanjut dia, Situ Cihideung memiliki khas lain yakni terdapat danau lagi di atasnya yang selama ini menjadi sumber mata air yang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

"Danau ini airnya sangat luar biasa sangat jernih di atas danaunya ada danau lagi yang menjadi sumber air yang digunakan masyarakat sebagai sumber air minum," katanya.

Ia menyampaikan, pihaknya telah meninjau langsung kondisi wisata danau di Kecamatan Cihurip, selanjutnya akan dilakukan pengembangan agar menjadi objek wisata air andalan di daerah itu.

"Situ cihideung ini merupakan bagian daripada destinasi wisata yang ada di wilayah Kecamatan Cihurip," katanya.

Ia menambahkan, daerah pelosok Garut itu tidak hanya memiliki danau tetapi ada potensi wisata lainnya yakni wisata air terjun seperti Curug Cibadak dan Curug Nyogong ada juga wisata air Leuwi Tonjong.

Menurut dia, kawasan wisata di daerah itu memiliki satu kesatuan yang menarik seperti adanya pemandangan batu besar yang bisa disebut sebagai Geopark Cihurip.

"Geopark Cihurip ini sangat menarik yang bisa kita pasarkan dengan daya tarik yang sangat luar biasa dan tentu kita berencana situ ini akan jadi pusatnya wisata di Cihurip," katanya.

Ia menyampaikan, upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan objek wisata di daerah itu yakni kemudahan akses bagi wisatawan dan juga menambah fasilitas lain yang menarik seperti membangun kereta wisata.

Selain itu, lanjut dia, banyaknya kunjungan wisatawan dan adanya tempat penginapan seperti vila milik masyarakat di sekitar objek wisata itu akan memberikan dampak bertumbuhnya ekonomi masyarakat.

"Ini akan menumbuhkan perekonomian masyarakat di daerah wisata itu," katanya.