Pemkab Bogor Raih Opini WTP ke-5

Pemkab Bogor Raih Opini WTP ke-5
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Pemkab Bogor termasuk salah satu dari empat kota/kabupaten di Jabar yang meraih penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Hasil tersebut merupakan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk laporan keuangan pemerintahan daerah tahun 2019.

Empat kabupaten/kota di Jabar yang meraih penghargaan opini WTP itu yakni Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bogor.
 
Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, opini WTP kali ini merupakan raihan WTP kelima. Ini menjadi prestasi istimewa bagi Ade Yasin selaku orang nomor satu di daerah tersebut. 

"Predikat WTP pertama yang diraih dimasa kepemimpinan saya secara penuh. Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim pemeriksa dari BPK atas segala rekomendasi dan masukannya. Selama masa pemeriksaan yang tentunya sangat berguna bagi peningkatan kualitas laporan keuangan di tahun yang akan datang," ucap Ade Yasin kepada wartawan, Senin (29/6/2020).

Dia menjelaskan, proses pemeriksaan keuangan daerah mulai dari pemeriksaan pendahuluan pada Februari lalu. Pemeriksaan dilanjutkan dengan penyerahan laporan keuangan pemerintah daerah kepada BPK untuk dilakukan audit pada 20 Maret 2020. 

"Pemeriksaan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena kondisi pandemi wabah virus corona sehingga pelaksanaannya dilakukan secara on the spot melalui sistem online. Baik itu melalui desk dengan menggunakan aplikasi zoom meeting maupun data yang dikirim melalui email dan whatsapp," tambahnya. (Reza Zurifwan)