Wakaf Salman Beri 1.000 Starter Pack Pengamanan Covid-19 untuk Rumah Ibadah se-Jabar

Wakaf Salman Beri 1.000 Starter Pack Pengamanan Covid-19 untuk Rumah Ibadah se-Jabar
Foto: Okky Adiana

INILAH, Bandung - Direktur Wakaf Salman ITB M Khirzan N Noe’man memaparkan pihaknya menginisiasi program untuk memenuhi kebutuhan peralatan penanganan Covid-19 di rumah ibadah di fase adaptasi kebiasan baru (AKB) ini, dengan menargetkan pemenuhan alat tersebut di 1.000 rumah ibadah se-Jawa Barat.

"Pemenuhan kebutuhan peralatan penanganan Covid-19 ini melalui program 4 in 1 Donasi AKB," ujar M Khirzan, Senin (29/6/2020).

Dia mengatakan pihaknya akan memberikan donasi untuk 1.000 rumah ibadah. Seperti diketahui sudah tiga bulan rumah ibadah tidak beroperasi, namun kini kembali dibuka setelah diterbitkannya Surat Edaran Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman di Masa Pandemi.

Bekerja sama dengan Jabar Quick Respon (JQR), Wakaf Salman akan menyalurkan donasi tersebut ke rumah ibadah yang membutuhkan. Donasi yang ditargetkan sebesar Rp2,8 miliar ini akan di salurkan kepada rumah ibadah masjid, gereja, kelenteng, pura, dan wihara.

"Kami akan memberikan bantuan kepada sekitar 30 persen atau 300 rumah ibadah non-masjid, dan sisanya 70 persen kami berikan ke masjid," pungkas Khirzhan.

Ada pun donasi yang diberikan ini akan berupa thermo gun, alat disinfektan, cairan disinfektan, sabun cair, faceshield, hingga masker kain.

"Untuk tahap awal ini, Wakaf Salman telah memberikan bantuan kepada sepuluh rumah ibadah" katanya.

Ada pun sepuluh rumah ibadah tersebut yakni, Masjid Salman ITB, Pura Wira Loka Natha, Wihara Satya Budhi, Gereja Pentakosta Antapani, Gereja GBI Paturiani, Masjid Istiqamah, Masjid Besar Cipaganti, Masjid Darul Hikam, Masjid Al-Mu'awanah Pharmindo, dan Masjid Lautze 2 Bandung.

Wakaf Salman berupaya untuk memberikan kenyamanan masyarakat dalam menjalankan ibadah di tengah fase AKB ini. 

"Kami mengetuk pintu hati Sahabat Penderma agar menyisihkan sedikit saja rezekinya untuk kembali membantu sesama dalam menangani dan mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Jawa Barat, khususnya di area rumah ibadah," ucapnya.

Salah satu perwakilan dari pengurus gereja, Regina Josephine mengatakan bahwa bantuan peralatan untuk ibadah tersebut sangat membantu ibadah jemaat di gereja.

"Kami ucapkan terima kasih, karena ini sangat membantu gereja menyipakan ibadah bagi semua jemaat," pungkasnya. (Okky Adiana)