Duh, Sentra Batik Trusmi Makin Tak Terurus, Pemkab Cirebon Tutup Mata?

Duh, Sentra Batik Trusmi Makin Tak Terurus, Pemkab Cirebon Tutup Mata?
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Kondisi Centra Batik Trusmi yang berada di Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon makin tak terurus.

Pemkab Cirebon dituding tutup mata dengan komdisi tersebut. Masalahnya pembangunan Centra batik Trusmi (CBT) dibangun dan menghabiskan anggaran yang cukup besar. Demikian dikatakan anggota Komisi IV Dewan Perwakilan DPRD Kabupaten Cirebon, Yoga Setiawan, Senin (29/6/2020)

Yoga menjelaskan, saat ini kondisi di area CBT memprihatinkan. Rumput yang menjulang tinggi dibagian belakang CBT menambah kesan kumuh. Ironisnya hanya bagian depan CBT saja yang masih terlihat ada aktifitas berjualan.

"CBT itu tidak diperhatikan Pemkab Cirebon. Pemda terkesan lebih rajin membangun tanpa memperhatikan pemeliharaan dan konsep yang jelas. Sekarang bangunan CBT ini terlantar," ungkap Yoga.

Yoga juga menyoroti besarnya anggaran yang akhirnya terbengkalai. Masyarakat sekitar, dinilai tidak menikmati fasilitas yang sempat dibangun Pemkab. Respons pemerintah menghidupkan CBT, juga dinilai lambat. Untuk itu, dirinya meminta dinas tekhnis harus bertanggung jawab, dan memikirkan kembali bagaimana menghidupkan CBT.

"Ini PR besar buat Pemkab Cirebon. Azas manfaatnya sekarang sudah tidak ada. Ini kan dibangun pakai duit rakyat, tapi kenapa sekarang jadi terbengkalai," jelasnya.

Yoga menambahkan, Sebagai wakil rakyat, tentunya mempunyai tanggung jawab untuk menghidupkan bangunan yang terlantar itu. Ini supaya CBT menjadi icon Kabupaten Cirebon seperti yang dulu sempat digadang-gadang. Padahal lokasi CBT sangat trategis karena berada di sisi jalan Pantura. 

"Dalam waktu dekat kita akan melakukan diskusi lintas komisi. Sebab, ini menyangkut beberapa dinas, seperti, Dinas Perhubungan, Disbudparpora, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Pokoknya tahun depan CBT harus hidup lagi," tukasnya. (maman suharman).