Barcelona vs Atletico, Game Over?

Barcelona vs Atletico, Game Over?
Lionel Messi. (Net)

PELUANG Barcelona merajai La Liga diyakini habis andai gagal menang saat menjamu Atletico Madrid di Camp Nou, Rabu (29/6) dini hari WIB.

Ini bak duel final bagi Lionel Messi dan kawan-kawan. Mereka sudah membuang-buang poin menyusul dua hasil imbang dalam dua laga terakhirnya. Jadilah, mereka tertinggal dari Real Madrid di jalur perburuan gelar juara.

Los Azulgrana tertinggal dua poin dari sang rival abadi. Memang pentas La Liga masih menyisakan enam laga. Tapi melihat konsistensi Madrid dalam merengkuh kemenangan, rasanya sulit bagi Barcelona mempertahankan gelar.

Di sisi lain, penampilan Barcelona juga sedang angin-anginan. Itu tampak ketika mereka ditahan imbang Celta Vigo 2-2, akhir pekan lalu. Sektor yang paling mengkhawatirkan adalah lini belakang. Sudah unggul dua gol, mereka harus dua kali kebobolan dan dipaksa menelan hasil imbang.

Setien membantah timnya mengalami penurunan performa. Baginya, dua gol yang dicetak Celta Vigo adalah konsekuensi dari strategi menyerang yang dia usung. Dan, dia pun enggan mengubah strategi itu.

"Kami mencoba bertahan. Kadang Anda tidak bisa menyerang karena lawan bertahan. Kadang Anda terburu-buru. Kami melawan tim dengan pemain-pemain yang sangat bagus seperti Celta," katanya.

"Benar kalau kami ingin lebih solid di banyak aspek. Kami menyerang, kami mencoba untuk menang, bermain di daerah lawan, dan itulah yang kadang juga memberi lawan kesempatan," lanjut dia.

Menurunnya penampilan Barcelona seiring dengan macetnya keran gol dari seorang Lionel Messi. Di musim ini, sang kapten mencatatkan rekor gol terburuk di laga tandang dalam 10 musim terakhir.

Dari lima laga yang telah dijalani Barcelona setelah jeda akibat wabah Covid-19, Messi baru mencetak dua gol dari dua laga awal melawan Real Mallorca dan Leganes. Adapun dalam tiga laga menghadapi Sevilla, Bilbao, dan Celta, sang pemain bernomor punggung 10 itu mengalami paceklik gol.

Messi pernah secara terbuka mengungkapkan ketidakcocokannya dengan skema permainan Setien. Menurut Messi, Setien belum mampu mengeluarkan seluruh potensi maksimal pemain El Barca.

”Saya pikir pelatih tidak mengerti apa yang saya ucapkan dan saya inginkan. Saya tidak pernah meragukan kemampuan rekan setim, tetapi harus saya akui bahwa kami tidak bermain seperti yang seharusnya ditampilkan di setiap pertandingan,” ungkap Messi.

Sementara itu Atletico punya modal bagus jelang pertandingan ini. Mereka tak terkalahkan dalam 10 laga terakhir di semua kompetisi.

Tim berjuluk Los Rojiblancos itu mencatatkan 6 kali menang, dan 4 kali imbang. Atletico butuh kemenangan untuk mempertahankan posisi ketiga klasemen. (bsf)

HEAD TO HEAD

09/01/20: Barcelona 2-3 Atletico

01/12/19: Atletico 0-1 Barcelona

06/04/19: Barcelona 2-1 Atletico

24/11/18: Atletico 1-1 Barcelona

04/03/18: Barcelona 1-0 Atletico

 

LIMA LAGA TERAKHIR BARCELONA

27/06/20: Celta Vigo 2-2 Barcelona

23/06/20: Barcelona 1-0 Bilbao

19/06/20: Sevilla 0-0 Barcelona

16/06/20: Barcelona 2-0 Leganes

13/06/20: Mallorca 0-4 Barcelona

 

LIMA LAGA TERAKHIR ATLETICO

27/06/20: Atletico 2-1 Alaves

23/06/20: Levante 0-1 Atletico

20/06/20: Atletico 1-0 Valladolid

17/06/20: Osasuna 0-5 Atletico

14/06/20: Bilbao 1-1 Atletico

 

Barcelona (4-3-3)

Ter Stegen (GK) Semedo, Pique, Lenglet, Alba (B) Vidal, Busquets, Rakitic (T) Griezmann, Suarez, Messi (D)

Pelatih: Quique Setien

Atletico (4-4-2)

Oblak (GK) Trippier, Savic, Gimenez, Lodi (B) Correa, Thomas, Saul, Koke (T) Felix, Costa (D)

Pelatih: Diego Simeone