Rhoma Manggung di Pamijahan, Masa Penyanyi Nyumbang Ayam?

Rhoma Manggung di Pamijahan, Masa Penyanyi Nyumbang Ayam?

INILAH, Bogor – Tokoh budaya Pamijahan, Surya Atmaja, memenuhi panggilan petugas Polres Bogor. Miko, Ketua Keluarga Kasepuhan Banten Kidul (KKBK) Kabupaten Bogor, ikut mendampinginya.

Miko terlihat mengawal Surya Atmaja yang juga selaku Ketua Umum KKBK. Surya memenuhi panggilan polisi pada Selasa (30/6/2020) untuk ditanyai seputar aksi panggung sejumlah penyanyi dangdut pada acara khitanan putranya di Pamijahan pada Minggu lalu.

Miko menuturkan kehadiran artis-artis dangdut ternama di acara tersebut hanya memenuhi undangan. Kebetulan, Surya Atmaja adalah pernah menjadi bagian dari kru Soneta Grup, kelompok orkes dangdut paling ternama di Tanah Air, bersama Rhoma Irama.

Menurut Miko, penampilan Rhoma Irama dan penyanyi dangdut lainnya dalam acara itu adalah bagian dari sumbangan. “Kalau saya juragan ayam, mungkin kalau kondangannya ya ngasih ayam. Karena teman-teman Abah Surya itu artis dangdut, ya nyumbangnya berupa nyanyi lagu dangdut,” katanya.

Kepala Polres Bogor AKBP Roland Rolandy sebelumnya mengatakan jajaran Sat Reskrim akan memanggil Surya Atmaja, penanggung jawab acara, Rhoma Irama, Rita Sugiato, Yus Yunus,  Yunita Ababil, Wawa Marissa, Caca Handika dan beberapa artis ibu kota lainnya karena bernyanyi di acara hajaran khitanan anak dari pasangan Surya Atmaja dan Khodijah.

Pemanggilan mereka karena dianggap melanggar Peraturan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 35 tahun 2020. Selain itu mereka juga terancam  pasal dan Undang - Undang terkait.

"Penerapan ancaman pasal ataupun Undang - Undang akan kami tetapkan kepada terperiksa setelah kami melakukan pemanggilan baik itu artis, tuan rumah ataupun panitia," kata AKBP Roland Ronaldy. (Reza Zurifwan)