Cara Unisba Tingkatkan Keterampilan Pengurus Baitul Maal

Cara Unisba Tingkatkan Keterampilan Pengurus Baitul Maal
istimewa

INILAH, Bandung - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Islam Bandung (Unisba) yang diketuai Parihat Kamil, Dra., M.Si. melakukan training kepada pengurus Baitul Maal Unisba dalam rangka untuk meningkatkan pengelolaan zakat infak.

Kegiatan ini dihadiri dosen Unisba dengan seorang narasumber sarjana ekonomi, beserta para pengurus Baitul Maal Universitas Islam Bandung (Unisba).

Ketua Tim PKM Unisba Parihat Kamil, Dra., M.Si. mengatakan kegiatan ini merupakan kontribusi dari kalangan akademisi kepada masyarakat dalam menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi yang didasari pada keinginan terhadap pengembangan dan pengelolaan zakat infak di Baitul Maal Universitas Islam Bandung.

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini diselenggarakan melalui pemberian materi, pertama disuguhkan oleh Hendi Suhendi, Sos.I., MM. yang memaparkan tentang manajemen penghimpun wakaf, zakat, infaq, dan shadaqah.
 

Pemberian materi kedua yaitu mengenai pendayagunaan dana zakat, infaq, dan shadaqah (ZIS) yang dipaparkan oleh Parihat Kamil, Dra., M.Si. selaku ketua tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini.

Lalu penyampaian materi terakhir mengenai manajemen keuangan zakat, infaq, dan shadaqah (ZIS) oleh Ima Rachmalia, SE. sebagai narasumber.

“BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) dengan KEMENAG (Kementrian Agama) membuat panduan kesesuaian syariah, dalam operasionalnya yang diangkat oleh direktur itu salah satunya BKS atau Biro Kesesuaian Syariah yang menjembatani antar manajemen dengan DPS (Dewan Pengawas Syariah)," ujarnya, Selasa (30/6/2020).

Dia mengatakan dilakukannya kegiatan ini yaitu dengan tujuan untuk menyelesaikan berbagai kendala yang dihadapi para pengurus Baitul Maal Universitas Islam Bandung, maka dari itu dibutuhkan peningkatan pemahaman dan keterampilan pengurus Baitul Maal Universitas Islam Bandung, rencana program kerja serta (Stantar Operasional Prosedur) SOP pengelolaan Baitul Maal Universitas Islam Bandung pada bidang penghimpunan, pendayagunaan dana dan pengelolaan keuangan.

"Kendala yang dialami pengurus Baitul Maal Universitas Islam Bandung tersebut dapat diselesaikan melalui yakni program pendekatan pelatihan, Focus Group Discussion (FGD), Benchmarking dan pendampingan kepada pengurus Baitul Maal Universitas Islam Bandung," imbuh Parihat.

Adapun tujuan dari tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengurus Baitul Maal Universitas Islam Bandung dalam pengelolaan zakat infak; Menyusun program kerja bidang penghimpunan, pendayagunaan dan bidang keuangan; dan Menyusun SOP (Stantar Operasional Prosedur) pengelolaan zakat infak di bidang penghimpunan, pendayagunaan dan keuangan.
 

"Terwujudnya tujuan tim PKM dalam melaksanakan program-program yang dibuatnya, diharapkan dapat menjadi pencapaian untuk meningkatkan kualitas para pengurus Baitul Maal Universitas Islam Bandung dan pengelolaan zakat dan infak pun menjadi lebih optimal," pungkas Parihat. (Okky Adiana).