Realme C11: Jagoan Baru, Usung Desain Bak Flagship

Realme C11: Jagoan Baru, Usung Desain Bak Flagship
Istimewa

LANGKAH perusahaan ponsel pintar China, realme tampaknya tak melambat meski badai COVID-19 masih berkecamuk. realme terus luncurkan produk baru selama semester pertama tahun ini. Vendor tech trendsetter anak muda ini terus bersaing sengit untuk pertahankan eksistensi di Indonesia.

Setelah berhasil menjadi salah satu seri ponsel terlaris, kini realme C2 memiliki seri penerusnya, yaitu realme C11. realme C11 hadir menjadi salah satu senjata realme dalam menggaet minat konsumen kelas entry-level di Indonesia dengan sejumlah peningkatan fitur dan keunggulan spesifikasi yang ditawarkannya, jika dibandingkan produk kompetitor.

Sederet fitur canggih melekat dalam ponsel realme C11, hingga dijuluki 'Baterai Cadas, Seru Tanpa Batas'. Tak hanya itu, penerus realme C2 ini juga dipastikan ramah bagi kantong konsumen di Indonesia. Istimewanya lagi market Indonesia menjadi yang pertama menghadirkan realme C11, sehingga orang yang membeli realme C11 setelah di launching akan menjadi yang pertama di dunia untuk memiliki realme C11.

Bagi Anda yang penasaran dengan performa, desain hingga kinerja dari realme C11, simak review berikut yang secara khusus dirangkum INILAHCOM.

Desain

Satu hal yang paling menarik untuk dibicarakan dari realme C11 adalah desain geometrik pada bagian belakangnya. Ini adalah pertama kali realme melakukan perombakan besar di sektor desain pada realme C11.

realme C11 memiliki dua versi warna yakni mint green dan pepper grey, unit yang kami uji adalah mint green. Dari titik ini kami melihat dan merasakan tidak monoton dan punya cita rasa tersendiri yang langsung bisa dikenali saat melihatnya ketika kami pinjamkan ke beberapa teman bahkan banyak yang mengira ini adalah ponsel flagship.

IMG20200624140552

Dimensinya sedikit lebih panjang dibanding pendahulunya, 16,5cm. Namun smartphone ini tampil dengan ketebalan yang minim sehingga terasa nyaman saat digenggam tanpa bobot yang berlebihan.Tampilan tampak depan realme C11 dilengkapi dengan layar 6,5 inci. Yang memuat desain mini drop turut mengakomodir kamera depan. Ukuran drop itu bahkan lebih kecil, sehingga membantu layar ponsel tampak mendominasi tampilan.

IMG20200624143141

IMG20200624143129


Sementara itu tampilan belakangnya dilengkapi housing kamera berbentuk persegi yang kekinian. Dalam housing tersebut, terdapat dua lensa kamera yang disusun secara vertikal serta satu lampu LED flash. Logo realme ditempatkan secara vertikal tampak menonjol sendiri ditempatkan di bagian bawah tampilan belakang ponsel terlihat premium dan ikonik.

IMG20200629165743

Penempatan tombol power dan volume kini disejajarkan di sisi kanan ponsel, sedangkan di sisi kiri hanya tersedia slot kartu non-hybrid, alias Anda bisa menggunakan dua kartu SIM plus kartu memori sekaligus. Semua tombolnya terasa cukup presisi ketika ditekan. Di bagian atas kosong, sedangkan di sisi bawah ada jack audio 3.5mm, mikrofon, port micro-USB serta sebuah speaker mono.


Sebelum lanjut kebagian selanjutnya Anda bisa melihat video isi dari paket penjualan realme C11:



Layar dan Sistem Operasi

Layar ponsel ini 88 persen menutupi bagian muka, menyisakan batas di bagian atas dan bawah sekaligus kamera depan di dalam daerah poni berbentuk tetesan air. realme menyebutnya sebagai Mini Drop.Layar realme C11 terbilang baik untuk menampilkan konten multimedia secara imersif ke pengguna.

IMG20200624142158

Antarmuka realme C11 menggunakan realme UI berbasis Android 10.Meski memuat beberapa aplikasi bawaan seperti ponsel realme lainnya, secara keseluruhan, konsep realme UI yang minimalis, memudahkan pengoperasian ponsel.

Selain fitur dark mode, yang menarik untuk kami, realme UI ini mendukung gesture di mana kita bisa kembali kehalaman atas dengan menyentuh bagian atas layar atau status bar. Semisal kita sedang membaca berita di sebuah website, atau tengah mencari daftar settingan, kita tidak perlu lagi menggeser layar ke atas sedikit demi sedikit, cukup dengan menyentuh bagian status bar di ujung layar paling atas.

Selain itu juga ada Mode Fokus, dimana pengguna bisa memblokir notifikasi untuk relaksasi beberapa menit. Mengaktifkan Mode Fokus juga akan serta merta memainkan musik yang tenang untuk membantu relaksasi. Mode ini bagus bagi pengguna dengan keseharian yang padat dan membutuhkan relaksasi untuk melanjutkan rutinitas.

Ada juga fitur Dual Music Sharing. Fitur ini memungkinkan pengguna mendengarkan musik dari realme C11 melalui dua perangkat audio, seperti headset kabel dan headset nirkabel secara bersamaan.


Kamera

Sepertinya harga yang terjangkau bukan berarti bahwa hasil kameranya akan kurang. realme memang tidak membeberkan sensor yang digunakan pada C11, dual camera di belakang memuat kamera 13 + 2 MP di bagian belakang sudah cukup untuk menghasilkan foto yang natural.

IMG20200624140746

Kamera realme C11 juga sudah didukung oleh teknologi AI untuk menghasilkan gambar bokeh dengan efek blur yang natural. Ketika diuji untuk memotret pada kondisi cahaya normal kamera realme C11 mampu menghasilkan warna tajam. Sementara saat digunakan pada kondisi cahaya yang agak gelap tanpa lampu flash, noise yang dihasilkan dari kamera belakangnya masih cukup tinggi.

Namun, hal itu bisa diatasi dengan menggunakan mode Nightscape. Berkat adanya fitur NIghtscape, penangkapan gambar di malam hari juga terlihat lebih hidup serta memberikan eksposur yang lebih seimbang.

Di bagian depan disematkan kamera 5 MP dengan efek bokeh. Walau dari resolusinya, kamera depan realme C11 cuma sekelas 5 MP, setidaknya untuk kaum pecinta selfie, smartphone ini sudah mengakomodasi kebutuhan tersebut. Meski tidak terlalu wah, kualitas hasil bidik masih relatif cukup baik. Perlu dicatat, untuk mendapatkan hasil foto selfie sesuai keinginan di realme C11 juga sudah terdapat mode beautification dengan pengaturan AI.

Untuk sektor perekaman video realme C11 bisa merekam dalam format full HD 1080p dan 720p dengan 30 Fps. Operasional perekaman yang dihasilkan dirasa belum cukup stabil dengan absennya EIS namun gambarnya terbilang cukup baik di kelas pemula ini.

Berikut ini beberapa hasil jepretan kamera dari realme C11:

Cukup cahaya

 

Rendah cahaya


 

Nightscape

 

 

Kamera depan

 

 

Performa


Impresi awal Kami terhadap realme C11 secara keseluruhan sudah cukup positif mulai dari segi desain hingga kualitas kameranya. Namun segala hal tersebut tidak akan berarti jika spesifikasi yang tersemat di dalamnya tidak bisa mengimbangi. Lalu bagaimana dengan kinerja realme C11 ini?

Dipacu oleh chipset MediaTek Helio G35 yang punya delapan inti dan kecepatan 2.3GHz, realme C11 sudah sangat mumpuni untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Ditambah dengan RAM 3GB pada varian ini memungkinkan multitasking maupun navigasi smartphone berjalan secara lancar.

Penyimpanan internalnya yang berkapasitas 32GB dirasa sudah mencukupi untuk kebutuhan masa kini. Kapasitas tersebut masih dapat diperluas lagi menggunakan microSD hingga 256GB pada slot terpisah yang tersedia di samping dua slot kartu SIM.

Saat dilakukan uji coba, realme C11 mampu meraih skor AnTuTu mencapai 10.6565. Selain itu, smartphone ini juga meraih skor 3dmark slingshot sebesar 461 untuk single-core dan 614 untuk multi-core.

Kombinasi spesifikasi tersebut membuat realme C11 sudah cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan pengguna smartphone pada umumnya mulai dari berselancar internet, media sosial, hiburan, maupun sekedar chatting ria menggunakan aplikasi pesan instan.

Tentu saja jika membahas soal performa tidak lengkap jika tidak menguji kemampuannya dalam bermain game. Seperti biasa, Kami mencoba bermain beberapa judul game yang kini tengah populer di Indonesia.

Pada game genre MOBA populer seperti Mobile Legends dan Arena of Valor, kami masih bisa menikmati permainan dengan cukup baik. Kualitas grafisnya pun Kami aktifkan setinggi mungkin, termasuk fitur High Frame Rate. Hasilnya cukup mengejutkan karena awalnya Kami tidak mengira kalau realme C11 mampu menjalankan High Frame Rate.

IMG20200627105832

Kami juga mencoba menggunakan realme C11 dengan realme buds Q. Pairing antar keduanya memang cukup mudah dengan aplikasi realme link yang sudah tersedia bawaan. Hasilnya, suara yang dihasilkan oleh realme C11 cukup baik terdengar di kedua bilah earphone TWS anyar yang satu ini.

Baterai

Guna menemani Anda beraktifitas seharian, tertanam sumber daya baterai dengan kapasitas 5.000 mAh.Menurut hasil tes di realme Lab, realme C11 sanggup bertahan hingga 40 hari dalam mode siaga (standby), bahkan jauh lebih baik dari beberapa smartphone flagship.

Berdasarkan hasil uji coba PCMark for Android yang mensimulasikan aktivitas smartphone pada umumnya, realme C11 mampu tetap menyala selama 16 jam 45 menit.

Tingginya daya tahan baterai tersebut juga berkat adanya teknologi App Quick Freeze yang secara otomatis membekukan aplikasi yang tidak digunakan. Untuk mengurangi pemakaian daya. Selain itu ada fitur MediaTek CorePilot yang memungkinkan prosesor bekerja lebih efisien dengan menyeimbangkan beban kerja yang ada.

Berdasarkan pengalaman selama pemakaian, ponsel realme C11 nyaman dipergunakan untuk keperluan sehari-hari tanpa harus khawatir membawa perangkat seperti powerbank atau berburu colokan saat di mana pun. Untuk pemakaian kelas berat seperti streaming konten video maupun menjalankan gim elektronik, baterai ini menjamin sesi hiburan yang tidak putus secara prematur.

Pada titik ini, kami sudah bisa melihat kalau realme sepertinya memang tidak main-main dalam menawarkan smartphone terbaik dengan banderol terbaik di segmen harganya.

Infografis

realme-C11

Kesimpulan

realme C11 adalah pilihan smartphone kelas entry level yang memboyong sejumlah daya tarik mulai dari spesifikasi baterai, desain, dan dukungan perangkat lunak yang mumpuni melibas kegiatan ber-smartphone sehari-hari.

realme C11 sangat mampu bersaing dengan para kompetitor di kelasnya dan menjadi salah satu jagoan terbaik smartphone di rentang harga Rp1,5 jutaan. Mengingat produk lain di segmen yang sama juga bertebaran di pasar, kami menyarankan untuk melihat juga aspek build-quality yang dihadirkan sebelum memutuskan smartphone yang hendak Anda pilih. Setuju? (Inilahcom)