Buat yang Lahir 1 Juli Nih, Polri Gratiskan Biaya SIM!

Buat yang Lahir 1 Juli Nih, Polri Gratiskan Biaya SIM!
Ilustrasi/Dani R Nugraha

INILAH,Bandung- Korlantas Polri menggratiskan biaya pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di seluruh Satpas SIM se-Indonesia.

Program tersebut dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara pada 1 Juli 2020, dan salah satu yang melaksanakannya yakni Polresta Bandung.

Kasatlantas Polresta Bandung, Kompol Erik Bangun Prakasa mengatakan, penggratisan biaya pembuatan dan perpanjang SIM ini diperuntukan bagi warga yang tanggal lahirnya 1 Juli. Nantinya, warga tak perlu membayar lagi PNPB, serta biaya lainnya seperti biaya kesehatan dan asuransi.

"Jadi ini program serentak memperingati HUT Bhayangkara. Pelaksanaan apresiasi kepada masyarakat yang akan membuat SIM pada 1 Juli khususnya yang lahir 1 Juli, dengan memberikan keringanan berupa pembayaran PNBP ditanggung oleh BRI. Jadi tidak usah bayar lagi," kata Erik saat ditemui di Mapolresta Bandung, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (30/6/2020).

Erik mengatakan, hingga hari ini sudah ada delapan orang yang mendaftarkan diri ke Satpas SIM Polresta Bandung. Warga yang ingin daftar pada program pembuatan SIM gratis ini cukup datang dengan membawa KTP yang tercatat tanggal lahir 1 Juli.

"Walaupun digratiskan, nanti akan dilihat juga hasil seleksi dan pelaksanaan tesnya seperti apa. Seperti tes kesehatan, tes teori, hingga tes praktik. Tentu semua dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang ada,"ujarnya.

Nantinya, kata Erik, saat warga sudah dinyatakan lulus, dan berhak atas penerbitan SIM, maka warga tersebut tak perlu membayar biaya apapun. "Untuk jumlahnya tidak dibatasi, pelaksanaannya hanya satu hari," katanya.

Fitri Sulastri (36) salah seorang warga yang memiliki tanggal lahir 1 Juli, mengaku senang bisa berkesempatan mendapatkan SIM gratis dari Polresta Bandung.  "Terima kasih kepada Polresta Bandung yang sudah memberikan SIM gratis. Saya senang sekali. Saya bikin SIM C dan pembuatan normal. Saya tahu ada program ini dari media," katanya.

Fitri berharap, lima tahun ke depan program tersebut kembali digulirkan oleh Korlantas Polri. "Ya mudah-udahan ada kesempatan lagi bisa bikin gratis," ujarnya. (rd dani r nugraha).