Disperindag Kota Bogor Kebut Pengecekan Protokol Kesehatan di Mal dan Supermarket

Disperindag Kota Bogor Kebut Pengecekan Protokol Kesehatan di Mal dan Supermarket
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor mengecek kesiapan pembukaan Bogor Indah Plaza (BIP) dan Transmart Yasmin. Ada beberapa catatan yang masih harus ditaati para pengelola mal dan supermarket agar bisa dibuka saat masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Kota Bogor rencananya mulai awal Juli 2020.

Kepala Disperindag Kota Bogor Ganjar Gunawan mengatakan, pihaknya sudah mengecek penerapan protokol kesehatan di sebagian mal dan supermarket.

"Kami keterbatasan personel, tapi setiap hari dilakukan pengecekan dimulai pagi hingga sore hari. Kebetulan sudah sebagian besar dicek, namun tidak serta merta juga bisa langsung direkomendasikan buka karena harus sesuai ketentuan," kata Ganjar, Rabu (1/7/2020).

Ganjar menjelaskan, hal yang diperiksa yakni kesiapan mal dan supermarket dalam memenuhi standarisasi protokol kesehatan Covid-19. Saat ini, meski ada delapan tempat usaha mal atau supermarket yang dibuka, jumlah pengunjung masih belum signifikan. 

"Kami batasi jumlah pengunjung itu 50 persen dari kapasitas biasanya. Dari pagi sampai malam, kami beri izin pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Dalam situasi normal macam-macam jumla pengunjung, ada 15 ribu hingga 20 ribu, tapi ketentuan ini coba 50 persen dari itu. Indikator pintu masuk yang diizinkan hari dikoordinasikan, harus dihitung jumlah pengunjung," bebernya.

Ganjar juga memaparkan, pengecekan terus dilakukan hingga semua memenuhi protokol kesehatan yang ditetapkan Gugus Tugas Covid-19 Kota Bogor. (Rizki Mauludi)