Inbiskom Fasilitasi Mahasiswa untuk Berwirausaha

Inbiskom Fasilitasi Mahasiswa untuk Berwirausaha
istimewa

INILAH, Bandung - Universitas Komputer Indonesia (Unikom) fasilitasi mahasiswa untuk berwirausaha. Untuk itu, lembaga pendidikan itu mendirikan Inkubator Bisnis Unikom (Inbiskom) pada Januari 2020 lalu.

Divisi tersebut merupakan kolaborasi dari berbagai bidang kerja di Unikom yang tentunya merupakan perwujudan dari mata kuliah entrepreneurship. Mata kuliah itu wajib diambil bagi seluruh mahasiswa Unikom.

Ketua Inbiskom Dewi Kurniasih mengatakan, sebanyak 77 orang peserta yakni mahasiswa dan dosen di Unikom serta masyarakat umum dari Sumedang dan Ciamis mengapresiasi positif kegiatan tersebut. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme yang luar biasa saat dilakukan praktik pendaftaran izin usaha berupa Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang dapat diakses secara online.

"Melalui kegiatan tersebut, para peserta khususnya para mahasiswa sudah memiliki kedua izin tersebut sehingga dapat secara matang untuk mengembangkan usaha ke depannya," ujar Dewi, Rabu (1/7/2020).

Menurutnya, kegiatan pelatihan tersebut digagas dengan melihat adanya kebutuhan dari masing-masing peserta tenan Inbiskom yang masih tidak memiliki izin usaha. Jenis usaha yang digeluti diantaranya makanan dan minuman, konveksi, serta jasa dan periklanan.

Keempat jenis usaha tersebut harus didasari dengan kepemilikan izin usaha dimana untuk memudahkan hal itu Inbiskom memfasilitasi dan mempromosikan produk ke jangkauan yang lebih luas. (Okky Adiana)