Kasus Tipikor Sekretaris DPKPP Kabupaten Bogor Sudah P21

Kasus Tipikor Sekretaris DPKPP Kabupaten Bogor Sudah P21
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Berkas tersangka I yang merupakan sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor akhirnya diserahkan ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor oleh Sat Reskrim Polres Bogor.

Hal ini terjadi setelah berkas perkara dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) ini sudah dinyatakan lengkap atau P21. .

"Setelah berkas penyidikan perkara dinyatakan P21, maka hari ini tersangka dan barang bukti diserahkan ke kami," kata Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor Munaji kepada wartawan, Rabu (1/7/2020).

Dia mengatakan, kasus Tipikor ini berkasnya akan segera diserahkan ke Pengadilan Tipikor di Bandung.

"Paling cepat seminggu dan paling lama dua minggu atau 14 hari kerja berkas kasus Tipikor ini akan kami serahkan ke Pengadilan Tipikor Bandung, untuk selanjutnya masuk meja persidangan dan untuk cepat atau lamanya penyerahan tergantung kesiapan tim," terangnya.

Terkait apakah tersangka I akan menjadi tahanan kota atau rumah, Munaji menuturkan karena ini masuk dalam extraordinary crime maka akan tetap ditahan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor.

"Pada umumnya kasus Tipikor tidak diberikan tahanan rumah atau kota, kecuali dia terpapar wabah virus corona atau penyakit berat lainnya," tutur Munaji.

Dia menjelaskan, kemungkinan besar tersangka I akan dititipkan tahanannya ke Ruang Tahanan Mako Polres Bogor karena pihaknya tidak bisa menitipkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pondok Rajeg, Cibinong.

"Karena protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 maka sebelum ditetapkan menjadi terpidana maka baru kita serahkan ke Lapas Kelas II A Pondok Rajeg hingga lokasi penahanan tersangka I kalau di sini tidak muat maka akan dititipkan di Rumah Tahanan Mako Polres Bogor namun itu tergantung kajian tim kejaksaan karena wewenang penahanan ada di kita," jelasnya.

Berdasarkan pantauan, tersangka I diantar ke Kejaksanaan Negeri Kabupaten Bogor oleh sejumlah anggota Sat Reskrim Polres Bogor dengan posisi tangan terborgol pada pukul 13.00 WIB. (Reza Zurifwan)