Pekan Depan, Wisatawan Luar Jabar Bisa Melancong ke Lembang

Pekan Depan, Wisatawan Luar Jabar Bisa Melancong ke Lembang
net

INILAH, Bandung - Pertengahan Juli 2020, objek wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai menerima kunjungan wisatawan domestik dari luar Jabar. Pemprov Jabar pun sudah memberikan restu.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengaku, sebenarnya jika tidak ada kejadian wisatawan reaktif di Bogor pekan ini objek wisata di KBB sudah bisa dibuka. Kendati demikian, pihaknya sudah koordinasi dengan pemprov dan sudah mendapat restu gubernur. 

"Karena ada kasus reaktif Covid-19 di Puncak, maka menunggu evaluasi dan ditunda seminggu. Pekan depan wisata KBB sudah dibuka untuk wisatawan dari luar Jabar," katanya, Rabu (1/7/2020).

Dibukanya objek wisata untuk wisawatan dari luar Jabar, lantaran proses  pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sudah selesai. Selain itu, telah dilakukan evaluasi selama sebulan pasca dibukanya objek wisata di KBB terutama di kawasan Lembang. 

Dia menyebutkan, sebelum membuka objek wisata untuk wisatawan luar Jabar pihaknya bersama kepolisian akan mengecek penerapan protokol kesehatan penerimaan wisatawan luar Jabar. Selain itu, pengelola wisata pun sudah siap untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Nanti dengan Kapolres dan Dandim akan mengecek wisata di akhir pekan ini. Yang terpenting itu kan protokol kesehatan apalagi pembatasan kunjungan naik jadi 50 persen," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki meminta pengelola wisata memperketat penerapan protokol kesehatan menjelang kedatangan wisatawan luar Jabar. 

"Intinya, protokol kesehatan yang harus diperketat. Kalau longgar tidak akan kami izinkan buka untuk wisatawan luar Jabar, bahkan bisa kami tutup lagi," katanya. (Ahmad Sayuti)