Tahun Depan, Purwakarta Bidik Laju Pertumbuhan Ekonomi Meningkat 5,54 Persen

Tahun Depan, Purwakarta Bidik Laju Pertumbuhan Ekonomi Meningkat 5,54 Persen
dok/inilahkoran

INILAH, Purwakarta – Denyut perekonomian masyarakat Kabupaten Purwakarta melalui usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sejauh ini cenderung berkembang. Bahkan, ekonomi kreatif terus bermunculan di wilayah ini. Dari mulai jenis kuliner maupun buah tangan lainnya.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menuturkan, pihaknya telah menyiapkan berbagai program guna mendorong penguatan ekonomi masyarakat, terutama dari sektor tersebut. Hal itu, kata dia, sejalan dengan fokus dirinya yang terprogram hingga 2021 mendatang. Yakni, mendorong penguatan ekonomi kerakyatan dan industri mandiri yang berwawasan lingkungan.

“Target kami ke depan, setiap desa di Purwakarta bisa memiliki satu produk unggulan. Nanti, pengembangannya dikolaborasikan dengan BUMDes setempat,” ujar Anne kepada INILAH, Rabu (1/7/2020). 

Menurutnya, saat ini di wilayahnya banyak bermunculan pelaku ekonomi kreatif. Bahkan, di setiap wilayah sudah terdapat produk khas. Sehingga, sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk mendorong para pelaku usaha ini supaya lebih berkembang.

Apalagi, Anne menjelaskan pihaknya menargetkan pertumbuhan ekonomi masyarakat wilayah ini bisa naik 5,54 persen pada 2021 mendatang. Target tersebut, bisa saja terealisasi dengan cara mendorong sektor tersebut supaya lebih berkembang.

Dalam hal ini, Anne pun telah memproyeksikan wilayahnya menjadi salah satu pusat buah tangan atau oleh-oleh. Kedepan, pihaknya akan memperbanyak centra-centra UMKM, baik itu jenis makanan maupun cindramata atau ekonomi kreatif lainnya.

Optimistisme untuk mendorong perekonomian masyarakatnya bertambah kuat, seiring dengan berkembangnya juga sektor pariwisata di wilayahnya sejak beberapa tahun terakhir. Pihaknya, tak ingin menyia-nyiakan peluang besar itu untuk meningkatkan perekonomian warganya. 

Sebab, berkembangnya sektor wisata itu diakuinya secara tidak langsung dipastikan akan berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi masyarakatnya. Untuk itu, pihaknya mengajak warga Purwakarta menangkap peluang tersebut untuk meningkatkan perekonomian mereka. 

“Wisatawan itu merupakan pasar potensial. Dengan begitu, ini menjadi kesempatan kita. Apalagi sektor pariwisata di kita sedang tumbuh pesat, warga harus bisa menangkap peluang tersebut,” jelas dia. (Asep Mulyana)