HUT ke-74 Bhayangkara, Momentum Perkuat Sinergitas Forkopimda di Jawa Barat

HUT ke-74 Bhayangkara, Momentum Perkuat Sinergitas Forkopimda di Jawa Barat
Foto: Ridwan Abdul Malik

INILAH, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengharapkan di HUT ke-74 Bhayangkara ini dapat menjadi momentum dalam memperkuat sinergitas antara pemerintahan daerah dan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat. Khususnya, dalam menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Hal tersebut disampaikan Ridwan Kamil saat menghadiri kegiatan HUT ke-74 Bhayangkara di Mapolda Jawa Barat, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Rabu (1/7/2020).

"Mudah-mudahan selalu terdepan menjaga Kamtibmas dan kondusifitas karena itu nikmat Allah yang luar biasa adalah pada saat bangsa bisa membangun karena suasananya kondusif melalui peran kepolisian," ucap Ridwan Kamil.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Emil itu mengungkapkan pada masa kepemimpinan Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi seluruh pemangku kebijakan dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19 yang cukup merepotkan semua pihak. Namun, pandemi Covid-19 juga menjadi momentum sinergitas seluruh pemangku kebijakan baik dari pemerintah maupun TNI/Polri.

"Secara pribadi tadi disampaikan, kami ini Forkopimda khususnya sekarang lagi kompak-kompaknya ya karena kami dites dalam situasi yang sangat sulit dalam sejarah kepemimpinan masing-masing yaitu berperang melawan musuh yang tidak terlihat yang namanya Covid-19 dan kami juga menjaga hubungan dengan sangat baik," ungkap Emil.

Selain itu, Emil juga berharap sinergitas antara pemerintahan daerah dan kepolisian dapat terus terlaksana dengan baik pada saat pelaksanaan Pilkada Serentak pada delapan wilayah di Jawa Barat, Desember mendatang. Pasalnya, pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi merupakan sebuah pekerjaan berat.

Ditemui ditempat yang sama, Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi mengucapkan terima kasih atas seluruh pihak yang telah memberi dorongan terutama dalam menangani pandemi. Dia mengakui kinerja polisi di Jabar terbantu terutama berkat sinergitas dengan TNI yang dipimpin Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Pemerintah Daerah.

"Pertama saya terima kasih ke rekan-rekan sekalian, Polri di Jabar ini khususnya Polda Jabar tidak akan ada apa-apanya tanpa sinergitas dengan TNI yang ada di Jabar. Saya bersyukur dan saya bangga terhadap Pangdam III/Siliwangi yang selama ini telah bekerja sama," sebutnya. (Ridwan Abdul Malik)