Dilantik Jadi Kabiro Perekonomian Jabar, Benny Bachtiar 'Excellence'

Dilantik Jadi Kabiro Perekonomian Jabar, Benny Bachtiar 'Excellence'

NILAH, Bandung- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik 13 nama pejabat tinggi pratama  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (1/7/2020). Salah satu nama yang mencolok, yaitu Benny Bachtiar sebagai Kepala Biro Perekonomian Sekda Provinsi Jawa Barat.

Diketahui, Benny merupakan sosok yang sempat tersandung polemik saat mendaftarkan diri dalam lelang jabatan Sekda Kota Bandung pada 2018 lalu. Persoalan tersebut sempat masuk sampai ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung dan gugatan  dimenangkan Benny. 

Tapi, putusan itu ternyata bukan babak akhir dari polemik Sekda Kota Bandung. Karena, Pemkot Bandung mengajukan memori banding atas putusan PTUN Bandung.

Banding yang diajukan Wali Kota Bandung pun diterima PTUN Bandung, sehingga Benny pun harus menelan kekecewaan. Hingga akhirnya Staff Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi ini mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan, sebelum pelantikan, Benny telah mengikuti prosedur lelang jabatan yang sudah ditetapkan.

"Saya tidak ada hubungannya dengan Pak Benny, dalam artian dia masa lalu seperti apa," ujar Ridwan Kamil.

Menurut Emil -sapaan Ridwan Kamil-, lelang jabatan ini terbuka dan diikuti semua pihak, baik itu internal Pemprov Jabar maupun eksternal di Jabar. Di mana salah satu peserta yaitu Benny yang dinilai telah mengantungi rangking yang sangat baik. 

"Mengikuti seleksi, wawancara dan sebagainya saya kira itu biasa saja. Dulu Pak Benny ada dinamika dengan itu (Pemkot Bandung) itu urusan pribadi, secara nilai dia di atas secara testing juga, excellence juga," katanya.

Selain nama Benny Bachtiar, Emil pun melantik beberapa nama Pejabat Tinggi Pratama lainnya, yakni Hendy Jatnika sebagai Kepala Dinas Perkebunan Pemprov Jabar, Bambang Rianto sebagai Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Pemprov Jabar, Bambang Tirtoyulioni sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemprov Jabar, Dani Ramdan sebagai Kepala Pelaksana harian BPBD Pemprov Jabar, kemudian I Gusti Agung  sebagai Kabiro Badan Usaha Milik Daerah dan Investasi Sekda Pemprov Jabar.

Lalu, Dadan Hidayat sebagai Kepala Dinas Tanaman dan Hortikltura Pemprov Jabar, Boy Iman Nugraha sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Pemprov Jabar, Prima Mayaningtias sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemprov Jabar, Dikky Achmad Sidik sebagai Kepala Dinas Sumber Daya Air Pemprov Jabar, Dodit Ardian Pancapana sebagai Kabiro Pemerintahan dan Kerjasama Pemprov Jabar, Barnas Adjidin Kabiro Pelayanan dan Pengembangan Sosial Sekda Pemprov Jabar. (riantonurdiansyah)