Protokal Kesehatan di PPI

Protokal Kesehatan di PPI
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kemenhub Sugihardjo. (antara)

INILAH, Jakarta - Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug, kampus kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan, telah menerapkan protokol kesehatan saat masa normal baru proses belajar dan mengajar sebagai upaya mencegah penularan pandemi Covid-19.

"Saya melihat, mengecek langsung dan saya mengapresiasi protokol kesehatan yang diterapkan oleh PPI Curug, saya meminta tidak hanya para taruna dan taruni namun kepada semua pengajar dan instruktur di kampus juga taat menjalankan protokol kesehatan," kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kemenhub Sugihardjo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Pada kunjungan yang dilakukan beberapa waktu lalu, Sugihardjo melihat langsung sarana dan prasarana pendidikan di kampus, seperti ruang makan, asrama, dan ruang kelas.

Selain itu, dirinya juga memastikan para taruna mengikuti protokol kesehatan yang harus menjadi kebiasaan, bukan sebatas aturan yang justru cenderung dilanggar.

Ia menambahkan kegiatan belajar mengajar di Sekolah Transportasi Kementerian Perhubungan kembali dilaksanakan secara on campus, dengan pendekatan normal baru dimulai dari masuknya kembali taruna ke lingkungan sekolah pada awal Juni secara bertahap, selain itu kegiatan kampus juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk menghindari para taruna dari penyebaran pandemi.

Di dampingi Sekretaris BPSDMP, Popik Montanasyah, kepada para taruna, Sugihardjo juga menjelaskan, bahwa kebijakan kembalinya taruna ke kampus diambil untuk mengejar ketertinggalan materi praktik yang selama ini tidak dapat dilaksanakan melalui pembelajaran jarak jauh, terutama di sekolah vokasi seperti PPI Curug yang porsi materi praktik-nya lebih banyak daripada materi teori.

Selain itu, Ia menambahkan, bahwa kegiatan belajar mengajar di kampus di masa new normal akan mengalami perubahan, dengan melakukan kolaborasi antara tatap muka dan virtual, sehingga protokol kesehatan di kelas tetap terjaga.

"Penggunaan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun harus jadi kebiasaan seluruh taruna dan civitas akademi lainnya agar terhindar dari penyebaran Covid-19, dan itu harus dilaksanakan dengan penuh rasa disiplin,” katanya.

Direktur PPI Curug, Capt. Avirianto mengatakan bahwa sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala BPSDMP Sugihardjo, pihaknya siap menerapkan aturan ketat terhadap protokol kesehatan. Bahkan pihak kampus telah melakukan serangkaian persiapan dalam rangka New Normal yang akan mendukung kegiatan belajar dan mengajar di lingkungan PPI Curug.

"Sesuai arahan pimpinan Kemenhub kami tetap semangat dan melaksanakan protokol kesehatan di lingkungan kampus. Tidak hanya itu kami juga meminta para taruna dan taruni untuk dapat melaporkan diri, apabila mengalami gejala agar dapat dilakukan prosedur pencegahan," kataya.

Capt. Avirianto juga menegaskan selain menerapkan protokol kesehatan pihak juga memperhatikan gizi dan juga asupan bagi para taruna dan taruni melalui makan yang sehat sehingga mereka tetap terjaga kesehatanya.

"Ke depannya kami berharap agar anggaran untuk makan para taruna dan taruni dapat ditingkatkan sehingga pihak kampus dapat lebih besar memberikan makan yang bergizi," katanya. (antara)