Pakai Datsun, Nissan Juarai Balapan Paling Brutal

Pakai Datsun, Nissan Juarai Balapan Paling Brutal
istimewa

NISSAN turut berpartisipasi dalam rally terekstrim dan terpanjang di dunia seiring debut mereka pada ajang balapan internasional. Tak hanya mencengangkan penggemar dengan mencapai garis finish, tetapi juga mencatat kemenangan di kelasnya.

Alkisah pada 1958, Nissan mengikuti balapan internasional pertamanya, yakni Around Australia Mobilgas Trial, yang saat itu lebih dikenal dengan nama Australian Rally.

Ajang balap ini merupakan rally dengan jarak tempuh terpanjang di dunia pada masanya, di mana ketahanan mesin diuji oleh rute sepanjang 16.000 kilometer dengan mengelilingi Australia searah jarum jam.

Balapan dimulai dari Sydney, dan peserta akan kembali melewati Sydney menuju Melbourne untuk mengakhiri uji ketahanan tersebut.

Rute balapan ini didesain untuk menguji mobil serta pengendaranya sampai pada batas maksimal ketahanan mereka.

Oleh karena itu, penyelenggara acara melarang siapapun selain kru untuk menangani mobil-mobilnya, serta menyegel semua mesin utama dan komponen transmisi, sehingga apabila mobil ditemukan dalam kondisi berbahaya, mobil tersebut langsung dieliminasi dari acara.

Untuk memberikan gambaran detail mengenai balapan tersebut, hanya terdapat satu jalan memutar yang kontroversial melewati dua kota pesisir, Jurien Bay dan Green Head.

Rute ini memaksa para peserta untuk menempuh bukit pasir, rawa-rawa, dan perairan berbahaya dengan kedalaman 1 meter.

Sesuai dengan peraturan, semua pengendara wajib memiliki pemadam api, peralatan P3K, serta persediaan makanan dan minuman selama 1 minggu.

Pada akhir balapan yang menyebabkan luka dan cedera, patah tulang, bahkan kematian itu, hanya 36 dari 67 mobil yang berhasil mencapai garis finish.

Dunia balap pada saat itu dikejutkan oleh keikutsertaan Nissan, yang menggunakan mobil Datsun 1000 Sedan (model 210), karena sanggup memenangkan ajang Australian Rally 1958 di Kelas A (mobil dengan mesin 1.000cc ke bawah).

Ketenaran yang datang dari seluruh penjuru dunia setelah mengikuti balapan berawal dari keberanian Nissan untuk menjawab tantangan ekstrim pada balapan internasional pertamanya.

Mereka juga berhasil mencapai tujuan pada saat itu sekalgus membuktikan kualitas dan ketangguhan mobil-mobil Nissan kepada pasar internasional. Hal ini memberi dorongan besar untuk Nissan dalam mengekspor model-model tersebut ke Amerika, Asia, dan Oseania.

Balapan tersebut tak pernah dilanjutkan kembali setelah tahun 1958 karena dianggap terlalu berbahaya, namun kemenangan Nissan tetap tercatat dalam sejarah.

Datsun 1000 Sedan (model 210) merupakan mobil Datsun terakhir sebelum peluncuran Bluebird. Kendaraan tersebut dilengkapi dengan mesin OHV 1.000cc pertama milik Nissan yang baru dikembangkan untuk meningkatkan performa kecepatan.

Pada saat itu, para teknisi memikirkan masa depan ekspor yang penuh peluang. Mereka juga turut menambahkan fitur lain seperti kaca lengkung untuk kaca depan.

Di ajang Australian Rally ini, mobil yang memenangkan Kelas A ini dinamakan 'Fuji', yang kemudian bergabung dengan Datsun 1000 Sedan (model 210) lain bernama 'Sakura' yang berhasil menyelesaikan balapan di urutan keempat.

Hingga kini, 'Fuji' dan 'Sakura' masih tersimpan apik dalam Nissan Heritage Museum di Jepang untuk diabadikan dan disaksikan secara langsung oleh pengunjung museum. (inilah.com)