Korps Brimob Siap Mengawal Amanat Presiden di Hari Jadi Polri

Korps Brimob Siap Mengawal Amanat Presiden di Hari Jadi Polri
istimewa

INILAH, Bandung-Polri harus saja merayakan HUT Bhayangkara yang ke-74 pada Rabu (1/7/2020) kemarin. Di mana upacara hari jadi tahun ini dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo dan dilaksanakan secara virtual juga sederhana.

 

Dengan mengikuti protokol kesehatan, upacara diawali dengan laporan Komandan Korps Brimob Polri, Irjen Pol. Anang Revandoko kepada Presiden RI. Upacara bertempat di Istana Negara, Jakarta, serta live streaming dari Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

 

Upacara yang berlangsung secara khidmat itu disaksikan Panglima TNI, Menteri Pertahanan dan Menkopulhukam. Di Gedung Mabes Polri,

ikut hadir sejumlah mantan Kapolri dan para purnawirawan Polri.

Selain itu, live streaming juga disiarkan ke jajaran kesatuan Polda dan Polres.

 

Presiden Joko Widodo menekankan tujuh poin dalam HUT Bhayangkara yang kali ini mengambil tema "Kamtibmas Kondusif Masyarakat semakin Produktif". Poin pertama, Polri terus pegang teguh serta mengamalkan nilai-nilai luhur Tri Brata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas.

 

Poin kedua, Presiden meminta Polri melaksanakan reformasi diri secara total. Kemudian membangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan dan akuntabel.

 

"Bangun kultur kerja Polri yang profesional, modern dan terpercaya," ujar presiden melalui siaran pers yang diterima, Kamis (2/7/2020).

 

Presiden Jokowi juga meminta Polri untuk terus mantapkan soliditas internal. dia memerintahkan agar Polri memperkuat sinergitas dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

 

"Terus terapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat," tambah Jokowi menyebut poin keempat.

 

Untuk poin kelima, Presiden Jokowi meminta Polri terus meningkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional. Tak ketinggalan, Polri juga harus melakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan.

 

Poin keenam, Polri terus menjaga kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari Covid-19.

 

"Ketujuh, Polri harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangannya dengan penuh tanggung jawab," tandas Presiden Jokowi.

 

Korps Brimob sebagai kesatuan operasi khusus mencerna dengan baik amanat yang disampaikan Presiden Jokowi. Komandan Korps Brimob Polri, Irjen Pol. Anang Revandoko menyatakan, jajarannya akan ikut mengawal seluruh poin-poin yang ditekankan presiden demi kemajuan Polri dan bangsa Indonesia pada umumnya.

 

Ia pun berharap seluruh bagian dari Polri tetap memegang teguh Tri Brata yang diikrarkan sebagai pedoman hidup.

 

"Teruslah menjadi Rastra Sewakottama, abdi utama nusa dan bangsa.Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia," tandas Irjen Anang.