Cari Peruntungan di Jepang? Simak Info Ini

Cari Peruntungan di Jepang? Simak Info Ini
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Pemkot Bandung kini membuka peluang kerja bagi tenaga kesehatan untuk berkarir di luar negeri. Salah satunya dengan memberikan pelatihan bahasa Jepang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung Arief Syaifudin mengatakan, program tersebut resmi dibuka terhitung 15 Juni-4 Juli mendatang.

"Untuk persyaratan detail bisa dilihat secara online melalui aplikasi pencari kerja Bima (Bandung Integrated Mentor Management). Tentu, untuk KTP wajib Kota Bandung dengan usia maksimal 29 tahun dengan status pendidikan minimal D3 keperawatan dan kebidanan," kata Arief di Balai Kota Bandung, Kamis (2/7/2020).

Menurutnya, saat ini baru ada sekitar 40 orang yang telah terdaftar resmi dari jumlah keseluruhan 80 orang. Sebelum ke Jepang, mereka akan mendapat pelatihan selama lima bulan tanpa biaya apapun.

"Pendaftaran masih berlangsung dan bisa langsung daftar melalui aplikasi atau datang langsung ke kantor dinas. Adapun untuk pelatihan seperti budaya, mental, kedisiplinan dan bahasa Jepang. Calon peserta hanya tinggal mengikuti pelatihan dan komitmen untuk mempersiapkan diri," ucapnya.

Namun, Arief menambahkan tidak semua calon pekerja akan lolos dengan mudah mengingat ketatnya penjaringan. Kalau dinyatakan lolos, mereka akan memperoleh gaji sebesar Rp17-23 juta per bulannya. (Yogo Triastopo)