Telkomsel Segera Buka Akses ke Netflix

Telkomsel Segera Buka Akses ke Netflix
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Jakarta- Penyedia layanan seluler Telkomsel membenarkan kabar bahwa para pelanggan dapat menonton layanan streaming Netflix.

"Dalam waktu dekat, Netflix akan bisa," kata Head of Home LTE Telkomsel, Arief Pradetya, saat jumpa pers virtual peluncuran Telkomsel Orbit, Kamis.

Arief saat itu menjawab pertanyaan apakan Telkomsel Orbit akan bisa digunakan untuk mengakses Netflix. Dia tidak menyatakan kapan tepatnya akses Netflix akan dibuka, namun, memastikan perusahaan akan mengumumkan jika akses sudah dibuka.

Kabar grup Telkom akan membuka blokir Netflix sudah mengemuka sejak beberapa waktu belakangan.

Pada Juni lalu, Direktur Umum Telkom, Ririek Adriansyah menyatakan masih mendiskusikan untuk membuka akses ke Netflix.

"Itu tergantung hasil diskusi Tim Netflix dengan Telkom, kalau mereka mau mengubah agar lebih 'comply' dengan regulasi, terutama dalam hal 'content' dan 'take down policy'," kata Ririek, pada Juni lalu.

Telkom juga mengharapkan Netflix mau lebih memberdayakan produser konten lokal.

"Maka, kami siap untuk membuka Netflix di Indihome maupun Telkomsel," kata Ririek.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate awal tahun ini juga menyatakan harapannya terhadap Netflix untuk lebih banyak menayangkan konten lokal.

"Sekarang kita minta supaya (film buatan) sineas Indonesia, yang saat ini juga sudah ditayangkan oleh Netflix, diperbanyak. Mendukung sineas original Indonesia," kata Johnny.

Mengenai Netflix yang tidak bisa diakses melalui jaringan seluler dari Telkom, termasuk Telkomsel, Johnny menyebutnya sebagai urusan bisnis antara kedua perusahaan.