Kampanye Terbuka Pilkada Kab Bandung Tergantung Keputusan Gugus Tugas Covid-19

Kampanye Terbuka Pilkada Kab Bandung Tergantung Keputusan Gugus Tugas Covid-19
Ilustrasi/Dani R Nugraha

INILAH, Bandung- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Bandung ditengah pandemi Covid 19,  memunculkan pekerjaan rumah tersendiri bagi pihak penyelenggara pilkada. Salah satunya adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung akan melakukan pengaturan lebih detail terkait tahapan kampanye pasangan pilkada.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung, Agus Baroya mengatakan, fasilitas yang diberikan pada saat kampanye pasangan pilkada 2020, masih sama seperti pada pelaksanaan pilkada sebelumnya, seperti pemberian fasilitas baliho, spanduk, atau poster pasangan calon.

"Kemudian ada juga debat kampanye terbuka, dan sosialisasi kampanye lewat televisi, radio, dan media cetak. Kata Agus di Soreang Jumat (3/7/2020).

Agus mengatakan,  perbedaan tahapan kampanye pilkada 2020 ini, adalah adanya pengaturan lebih detail dan pembatasan orang pada saat kampanye terbuka. Hal tersebut menyesuaikan dengan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus corona.

"Kami akan melihat rekomendasi dari Tim Gugus Tugas Covid 19, terkait tingkat kemungkinan pelaksanaan kampanye tersebut. Apakah akan dilarang atau diperbolehkan dengan syarat tertentu," ujarnya.

Untuk saat ini, lanjut Agus, KPU Kabupaten Bandung sedang dalam proses pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), dimana PPS disetiap desa itu sedang berkomunikasi dengan kepala desa, RW dan RT untuk mendata nama-nama calon PPDP. Nantinya, akan disahkan pada 14 Juli 2020.(rd dani r nugraha).