Sambut Pra AKB, ASN Bersih-bersih Masjid Balai Kota Bogor

Sambut Pra AKB, ASN Bersih-bersih Masjid Balai Kota Bogor
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Menyambut pra Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Balai Kota Bogor membersihkan Masjid At Taqwa, Balai Kota Bogor pada Jum'at (3/7/2020) siang. Diketahui masjid At Taqwa sempat ditutup dua kali dan belakangan ini mulai diaktivasi kembali untuk mengadakan shalat berjamaah.

"Kami melibatkan seluruh komponen ASN di lingkungan Pemkot Bogor. Karena Kota Bogor sudah memasuki Pra-AKB. Kami bersih-bersih," ungkap Kabag Hukum Setda Kota Bogor, Alma Wiranta kepada INILAH usai kegiatan bersih-bersih.

Alma melanjutkan, kegiatan bersih-bersih Masjid At-Taqwa ini bagian dari mempersiapkan protokol kesehatan, dan juga menyiapkan sarana untuk cuci tangan di area terluar masjid.

"Jadi kami siapkan, termasuk nanti disiapkan wastafel pijak agar lebih aman. Sehingga bisa menjadi contoh bagi masjid lain di Kota Bogor," tambahnya.

Alma menjelaskan, selain melakukan antisipasi dari penyebaran Covid-19, pihaknya ingin memberikan kenyamanan bagi jamaah agar shalat lebih khusyu. Dirinya juga mengimbau agar semua jamaah mengikuti protokol kesehatan yang sudah disiapkan.

"Bisa dilihat sudah disiapkan pembatasan jarak. Ada tanda yang terlihat. Kami juga akan secara rutin melakukan kegiatan bersih-bersih masjid di wilayah Kota Bogor," jelasnya.

Alma memaparkan, pembatasan kapasitas diberlakukan, maksimum adalah 700 orang, tetapi karena kondisi pandemi Covid-19 berkurang menjadi separuhnya.

"Ya, ini paling bisa 350 orang saja, kami juga mulai melaksanakan shalat Jum'at berjamaah," paparnya.

Alma menekankan, aksi nyata ASN segera direalisasikan dengan melakukan road show ke masjid lain yang ada di Kota Bogor, dan akan melibatkan masyarakat sekitar.

"Alhamdulillah tadi dihadiri Assisten 1, Assisten 2, Kabag Kesra dan juga ASN di Bagian Hukum. Kami akan gencarkan kegiatan ini," pungkasnya. (Rizki Mauludi)