Jabar Jadi Tuan Rumah Liga 1 2020, Begini Kata Gubernur Ridwan Kamil

Jabar Jadi Tuan Rumah Liga 1 2020, Begini Kata Gubernur Ridwan Kamil
istimewa

INILAH, Bandung - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil belum bisa menanggapi jika wilayah Jawa Barat terpilih menjadi tuan rumah di lanjutan Liga 1 2020. 

Pasalnya kata Emil-sapaan akrabnya- beberapa wilayah Jabar memiliki level kewaspadaan yang berbeda-beda. 

"Kalau saya patokannya epidemologis, bukan gimana-gimana. Kalau stadionnya misalnya ada di zona yang tidak memungkinkan, pasti kami tidak bisa mengizinkan juga. Tapi kan sekarang PSBM (Pembatasan Sosial Berskala Mikro). Mungkin si kotanya ada di zona kuning, tapi stadionnya ada di kelurahan zona biru atau hijau berarti boleh," kata Emil usai melakukan tinjauan test swab Persib Bandung di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat (3/7/2020). 

Emil memastikan kesulitan yang akan dihadapi adalah jika Liga itu memperbolehkan pertandingan disaksikan penonton. 

"Yang jadi masalah nanti bagaimana mengatur penonton. Itu yang paling sulit. Kalau di luar negeri kan tanpa penonton dulu kan," katanya.

Karena itu, Emil hanya akan menjadikan epidemologi sebagai patokan jika Jawa Barat terpilih menjadi tuan rumah di lanjutan Liga 1 2020. 

"Kuncinya, saya patokannya sama, epidemologi sebagai patokan mengukur boleh tidaknya sebuah tempat, mau fasilitas olahraga atau bukan," jelasnya.(Muhammad Ginanjar)