Tips Berbagi Gambar Secara Aman

Tips Berbagi Gambar Secara Aman
istimewa

INILAH, Bandung-Anda mungkin pernah menyembunyikan informasi dalam gambar setidaknya pada satu kali kesempatan. Misalnya, saat Anda mengirimkan tangkapan layar untuk melaporkan sebuah isu kepada tim teknis dan tidak ingin mereka melihat data pribadi. Atau Anda hendak membagikan tiket sebuah acara yang sudah lama ditunggu-tunggu di media sosial Instagram, dengan cara menyamarkan barcode agar menghindari orang lain mendapati informasi melalui tiket tersebut.

Namun selalu ingat! gambar yang dikaburkan atau bahkan telah dipotong masih berpotensi untuk mengungkapkan data yang awalnya hendak Anda sembunyikan. Simak paparan Kaspersky mengenai bebearapa kesalahan yang menyebabkan hal itu dapat terjadi dan rekomendasi untuk Anda agar lebih berhati hati dalam membagikan gambar.

Kesalahan pertama: Melakukan edit gambar di aplikasi office

Ini adalah cara klasik seseorang dengan secara tidak sengaja membagikan rahasia pribadi atau perusahaan. Jika gambar tersebut ditujukan untuk dokumen teks atau slide presentasi, cara paling mudah untuk mengeditnya adalah langsung di aplikasi Office. Cukup masukkan gambar, potong bagian yang tidak ingin ditampilkan, simpan dokumen, dan Anda dapat memberikannya kepada atasan atau klien dengan perasaan nyaman.

Permasalahannya adalah ini hanya mengubah bagaimana gambar muncul di badan dokumen. Namun, gambar asli tetap utuh. Untuk melihat bagian yang tersembunyi, yang harus dilakukan seseorang adalah memilih gambar dan kemudian Crop tool pada tab Format.