Negatif Covid-19, Skuat Persib Lega

Negatif Covid-19, Skuat Persib Lega
net

INILAH, Bandung - Persib Bandung akhirnya bisa bernafas lega. Pasalnya, hasil swab test polymerase chain reaction (PCR) yang dilakukan di Graha Persib pada Jumat (3/7/2020) lalu dinyatakan negatif Covid-19 seluruhnya.

Dengan hasil ini, maka Persib bisa dengan leluasa melakukan sesi latihan bersama yang rencananya akan digelar pada pekan depan. Sesi latihan ini dilakukan sebagai masa persiapan sebelum menghadapi lanjutan Liga 1 2020. 

"Dari 48 orang yang mengikuti swab test, semuanya dinyatakan negatif Covid-19. Ke-48 orang itu terdiri dari pemain, pelatih, ofisial tim, staf media dan orang-orang yang terlibat dalam kegiatan sehari-hari tim Persib," kata Dokter Persib, Mochamad Rafi Ghani saat dihubungi, Minggu (5/7/2020). 

Meski demikian, Rafi tetap menginstruksikan timnya untuk menjalankan protokol kesehatan dengan sangat baik. Sebab pandemi virus Corona belum benar-benar berakhir. 

"Saya juga sudah bikin protokol kesehatan yang harus dijalankan tim. Mudah-mudahan bisa dilakukan dengan baik karena angka peningkatan positif masih banyak, tetap harus waspada dan hati-hati," tegasnya. 

Rafi berencana akan menggelar kembali swab test. Sebab belum secara keseluruhan para pemain menjalani tes. Seperti halnya pemain dari luar kota hingga luar negeri. 

"Tapi kemungkinan untuk pemain dari luar negeri, tidak akan ikut swab test karena sudah diperiksa juga di negaranya. Dan kemungkinan saat perjalanan ke Indonesia, diperiksa ulang," katanya.

Kondisi ini kata Rafi, sama seperti yang terjadi pada pelatih Robert Rene Alberts. Pelatih asal Belanda itu tak perlu ikut swab test bersama Persib lantaran sudah melakukan tes sebelum kembali ke Indonesia. 

"Jadi kemungkinan besarnya swab test dilakukan untuk pemain dari luar kota yang rencananya hari ini akan pada tiba di Bandung," tuturnya. 

Rafi memastikan akan terus mengingatkan para pemainnya untuk menjalani protokol kesehatan dengan baik. Sehingga proses latihan bersama bisa berjalan dengan maksimal. 

"Tetap pakai masker, jangan usap wajah saat tidak yakin tangan kita bersih, rajin cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak bicara," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)