Ini Kampanye Unik Jaga Jarak di Pedesterian Kebun Raya Bogor

Ini Kampanye Unik Jaga Jarak di Pedesterian Kebun Raya Bogor
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Banyak cara untuk berkampanye menjaga jarak di saat pandemi ini. Salah satunya dilakukan Asep Gumilar Hidayat. Pelari peraih rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) asal Bogor itu mengajak setiap orang untuk selalu jaga jarak dan memakai masker saat berolah raga.

Cara yang diambil pria yang akrab Mahar itu relatif unik. Sambil berjalan, dia membawa poster khusus bertuliskan "Dijaga jaraknya, dipakai maskernya, olah raga harus tapi jangan menyebar virus. Ingat ada corona di sekitar kita."
Selain itu, ada juga tulisan "Lari, gowes, balik. Lari, gowes, balik. No nongkrong nongkrong."

Masyarakat yang kebetulan saat itu beraktivitas di seputaran pedestrian Kebun Raya Bogor, Minggu (5/7/2020) dipastikan melirik pria tersebut. Bagaimana tidak, pelari itu mengenakan kostum mencolok menyerupai burung lengkap dengan bulu-bulu yang dipasang di bagian pundak dan kepala.

Saat berbincang di sela-sela kampanye, Mahar sengaja mengenakan kostum unik itu agar bisa terlihat di tengah ribuan yang beraktivitas jalan kaki, lari, ataupun bersepeda santai.

"Kostum ini dibuat desainer yang biasa membuat kostum untuk Miss Indonesia. Konsep kostumnya terinspirasi dari pakaian adat Papua dan burung Cendrawasih. Di kalangan pelari Indonesia, kostum ini sudah terkenal. Tapi, saya mengenakan kostum ini hanya pada even tertentu saja," ujarnya yang mengaku selain berlari dia pun sesekali ngevlog. 

Mahar memaparkan, pedestrian itu kerap digunakan masyarakat untuk berolah raga dan rekreasi. Dia menilai, saat itu banyak warga tidak melakukan physical distancing maupun memakai masker. 

"Jalur pedestrian ini memang tempat umum dan selalu terbuka bagi siapa saja. Tapi, di masa era normal baru ini jangan lupa kita harus tetap menerapkan physical distancing dan memakai masker karena siapa yang mau Kota Bogor menjadi zona merah lagi. Saya berharap pegiat olah raga yang lain maupun komunitas ikut mengampanyekan imbauan pemerintah ini kepada warga," pungkasnya. (Rizki Mauludi)