DPPKB Purwakarta Klaim Lampaui Target Akseptor Baru KB

DPPKB Purwakarta Klaim Lampaui Target Akseptor Baru KB

INILAH, Purwakarta,- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta mengklaim melampaui target akseptor baru KB yang ditetapkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat.

Kepala DPPKB Kabupaten Purwakarta, Nurhidayat mengatakan, pihaknya sebelumnya telah ditargetkan oleh BKKBN Jabar untuk meraih 8.664 akseptor baru terkait dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2020 yang jatuh setiap 29 Juni. "Alhamdulillah jumlah akseptor di Purwakarta sudah melebihi target, yakni mencapai 12.892 akseptor. Jadi jika dipersentase mencapai 148 persen pencapaiannya," kata dia.

Ia mengatakan dengan melampauinya akseptor KB itu menunjukkan kalau kesadaran masyarakat Purwakarta cukup tinggi untuk memulai membangun keluarga yang ideal.

Pihaknya juga mengapresiasi banyaknya masyarakat yang menggunakan metode kontrasepsi jangka panjang, seperti IUD dan implant sehingga dari target 317 akseptor, tercapai hingga 1.017 akseptor. "Untuk pasangan usia subur, tunda dulu kehamilan, gunakan alat kontrasepsi KB saat berhubungan suami istri," katanya.(ghi)