Bologna Taklukkan Inter 2-1

Bologna Taklukkan Inter 2-1
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Dua gol yang dibukukan dua pemain muda asal Gambia membawa Bologna menaklukkan Inter Milan dengan skor 2-1 dalam pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Minggu (6/7/2020).

Inter memimpin terlebih dahulu melalui gol Romelu Lukaku pada menit ke-20, namun Bologna mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-74 melalui gol Musa Juwara, untuk kemudian berbalik memimpin lewat gol Musa Barrow pada menit ke-80. Kedua pemain tersebut berasal dari Gambia.

Kemenangan ini membawa Bologna naik tiga strip untuk menghuni peringkat kesembilan dengan 41 poin, sedangkan Inter tetap berada di peringkat ketiga dengan 64 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Gawang Bologna hampir terancam akibat kesalahan yang dilakukan Mitchell Dijks saat mengoper bola ke belakang, namun Lukasz Skorupski mampu membuang bola. Lukaku mencetak gol pada menit ke-13, namun gol itu tidak disahkan karena tangannya terlebih dahulu mengenai bola.

Operan kiper Inter Samir Handanovic juga sangat berisiko, ketika Marcelo Brozovic harus berjuang keras untuk mencegah Nicola Sansone memaksimalkannya.

Inter akhirnya memecah kebuntuan ketika sundulan Lautaro Martinez dari umpan silang Ashley Young memantul ke tiang jauh, dan Lukaku langsung menyambarnya untuk mencetak gol. Itu merupakan gol ke-20 penyerang Belgia tersebut di Liga Italia pada musim debutnya.

Young hampir mengemas gol spektakuler. Ia mengecoh Takehiro Tomiyasu dan melesak masuk kotak penalti, namun sepakan melengkungnya masih dapat ditepis Skorupski.

Bologna memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan sebelum turun minum melalui sepakan Riccardo Orsolini, tetapi kiper Handanovic bergerak sigap dengan kakinya untuk menahan sepakan pemain lawan.

Inter langsung menggebrak pada awal babak kedua, melalui sepakan Antonio Candreva yang masih dapat ditahan Skorupski. Beberapa saat kemudian ganti Bologna yang mengancam melalui sepakan Musa Barrow yang mengenai tiang gawang.

Bologna kemudian harus bermain dengan sepuluh pemain pada menit ke-57 akibat Roberto Soriano mendapat kartu merah dari wasit Luca Pairetto. Wasit mengusir sang pemain akibat lontaran kata-kata protes yang ditujukan kepadanya.

Drama masih berlanjut. Bologna kemudian dihukum penalti pada menit ke-61 akibat Dijks melanggar Candreva di kotak terlarang.

Eksekusi penalti diambil oleh Martinez, sepakannya dapat diblok Skorupski. Bola pantul kemudian coba disambar oleh Roberto Gagliardini, namun Skorupski mampu menahan sepakan tersebut.

Nasib buruk Gagliardini tidak berhenti di situ. Pada menit ke-74, kesalahan yang dilakukan Gagliardini membuat bola dapat dikuasai oleh pemain pengganti Musa Juwara. Pemain Gambia itu kemudian melepaskan sepakan dari tepi kotak penalti yang bersarang ke gawang Inter.

Gol penyama kedudukan bagi Bologna tersebut sekaligus merupakan gol perdana di Liga Italia bagi pemain 18 tahun itu.

Inter lantas harus bermain dengan sepuluh pemain juga karena Alessandro Bastoni diusir keluar lapangan oleh wasit. Pelanggaran yang dilakukannya terhadap Juwara membuat wasit memberikan kartu kuning kedua untuknya.

Bologna berbalik unggul pada menit ke-80. Dari situasi serangan balik, bola diarahkan kepada Musa Barrow yang tidak terkawal di sisi kiri, dan sepakan menyudutnya meluncur tanpa dapat dihentikan kiper Handanovic.

Inter berusaha sekuat tenaga menyamakan kedudukan pada fase akhir laga. Alexis Sanchez melepaskan sepakan melebar, dan sepakan berikutnya dari pemain Chile itu dapat dimentahkan Skorupski. Kemenangan 2-1 pun didapat tim tamu.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Italia:

Inter Milan (3-4-1-2): Samir Handanovic, Danilo D'Ambrosio, Stefan de Vrij, Alessandro Bastoni, Antonio Candreva, Marcelo Brozovic (Borja Valero 88'), Roberto Gagliardini (Matias Vecino 88'), Ashley Young (Cristiano Biraghi 85'), Christian Eriksen (Alexis Sanchez 75'), Romelu Lukaku, Lautaro Martinez (Sebastiano Esposito 85')

Pelatih: Antonio Conte

Bologna (4-3-3): Lukas Skorupski, Takehiro Tomiyasu (Mattia Bani 65'), Danilo, Stefano Denswil, Mitchell Dijks, Jerdy Schouten, Nicolas Dominguez (Andri Fannar Baldursson 88'), Roberto Soriano, Riccardo Orsolini (Rodrigo Palacio 65'), Musa Barrow (Mattias Svanberg 85'), Nicola Sansone (Musa Juwara 65')

Pelatih: Sinisa Mihajlovic

(antara)