Peserta dan Panitia UTBK Bakal di Swab Test

Peserta dan Panitia UTBK Bakal di Swab Test
istimewa

INILAH, Bandung - Gugus Tugas Jawa Barat akan melakukan swab test secara acak bagi peserta dan panitia ujian tulis berbasis komputer (UTBK) untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Divisi Deteksi Dini dan Pelacakan Kontak Gugus Tugas COVID-19 Jabar Gilang mengatakan untuk mencegah klaster baru, peninjauan dilakukan melihat kepada penerapan protokol kesehatan.

"Kami (gugus tugas) menyiapkan 100 alat pemeriksaan swab. Nantinya, swab test di UPI akan dilakukan pada Selasa (7/7/2020) mendatang. Secara acak dan untuk proporsi belum ada proporsi yang jelas peserta berapa dan panitia berapa," ujarnya, Senin (6/7/2020).

Dia menambahkan pemeriksaan swab akan diketahui tiga atau empat hari setelah pemeriksaan. Jika ditemukan ada peserta atau panitia yang terindikasi COVID-19 dari hasil swab, pihaknya akan melakukan penanganan isolasi mandiri dan memberikan hasil kepada penyelenggara, dalam hal ini pihak UPI.

Direktur Direktorat Akademik UPI Asep Supriatna merespon baik pemeriksaan swab dari Gugus Tugas Provinsi Jabar. Pihaknya akan menyiapkan tempat, peserta, dan panitia yang akan melakukan swab tes.

"Bagus, positif, itu kan meyakinkan kita (kalau UTBK aman), pungkasnya. (Okky Adiana).